Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya, Pakai Legacy SR2 XHD Prime

Kompas.com - 12/05/2021, 09:02 WIB
Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya DOK. LAKSANABUSBus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain merilis bus dari karoseri New Armada, PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) juga kembali mengambil unit barunya di karoseri Laksana. Untuk modelnya, sama seperti yang sebelumnya, yakni Legacy SR2 XHD Prime dengan sasis Scania K410iB.

Perbedaan dengan bus PO STJ sebelumnya yang rilis dari karoseri Laksana adalah warnanya. Jika sebelumnya memiliki kombinasi warna merah dan hitam, kini tampilannya berkelir kuning dan hitam.

Fitur yang perlu diperhatikan pada bus baru PO STJ ini ada di bagian kabinnya. Sales Representative karoseri Laksana Lang Widya mengatakan, ada fitur audio yang dipasang untuk menjaga fokus kru bus yang ada di kabin depan.

Baca juga: Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati?

Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga JayaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

“Untuk menjaga kru tetap fokus saat mengemudi, ada audio khusus yang disetel hanya untuk ruang kabin kru. Sehingga jika kru memainkan musik, dapat diatur agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang,” kata Lang Widya kepada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain audio, dibuat juga sekat yang memisahkan kabin pengemudi dan penumpang yang bisa digunakan sebagai smoking area. Kemudian untuk akses penumpang, karena bodi bus tronton, lebih diarahkan untuk memakai pintu tengah.

“Sehingga bisa mempercepat proses bongkat muat penumpang jika diutamakan pakai pintu tengah,” ucap Lang Widya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Matik Mogok Tidak Boleh Didorong

Kabin bus AKAP PO Sudiro Tungga JayaDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP PO Sudiro Tungga Jaya

Di bagian pintu tengah juga disediakan toilet yang sudah dilengkapi electric flusher dan sprayer agar penyiramannya maksimal. Sehingga tidak ada bau menusuk dari toilet yang bisa mengganggu kenyamanan penumpang.

Penunjang kenyamanan penumpang saat naik bus tentunya bangku yang nyaman. Tersedia 38 bangku yang dilengkapi dengan leg rest dan bisa direbahkan. Selain itu, ada juga port USB untuk mengisi daya telepon genggam yang ada di louver AC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.