Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Sudiro Tungga Jaya, Pakai Legacy SR2 XHD Prime

Kompas.com - 12/05/2021, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Selain merilis bus dari karoseri New Armada, PO Sudiro Tungga Jaya (STJ) juga kembali mengambil unit barunya di karoseri Laksana. Untuk modelnya, sama seperti yang sebelumnya, yakni Legacy SR2 XHD Prime dengan sasis Scania K410iB.

Perbedaan dengan bus PO STJ sebelumnya yang rilis dari karoseri Laksana adalah warnanya. Jika sebelumnya memiliki kombinasi warna merah dan hitam, kini tampilannya berkelir kuning dan hitam.

Fitur yang perlu diperhatikan pada bus baru PO STJ ini ada di bagian kabinnya. Sales Representative karoseri Laksana Lang Widya mengatakan, ada fitur audio yang dipasang untuk menjaga fokus kru bus yang ada di kabin depan.

Baca juga: Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati?

Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga JayaDOK. LAKSANABUS Bus AKAP baru PO Sudiro Tungga Jaya

“Untuk menjaga kru tetap fokus saat mengemudi, ada audio khusus yang disetel hanya untuk ruang kabin kru. Sehingga jika kru memainkan musik, dapat diatur agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang,” kata Lang Widya kepada Kompas.com, Selasa (11/5/2021).

Selain audio, dibuat juga sekat yang memisahkan kabin pengemudi dan penumpang yang bisa digunakan sebagai smoking area. Kemudian untuk akses penumpang, karena bodi bus tronton, lebih diarahkan untuk memakai pintu tengah.

“Sehingga bisa mempercepat proses bongkat muat penumpang jika diutamakan pakai pintu tengah,” ucap Lang Widya.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Matik Mogok Tidak Boleh Didorong

Kabin bus AKAP PO Sudiro Tungga JayaDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP PO Sudiro Tungga Jaya

Di bagian pintu tengah juga disediakan toilet yang sudah dilengkapi electric flusher dan sprayer agar penyiramannya maksimal. Sehingga tidak ada bau menusuk dari toilet yang bisa mengganggu kenyamanan penumpang.

Penunjang kenyamanan penumpang saat naik bus tentunya bangku yang nyaman. Tersedia 38 bangku yang dilengkapi dengan leg rest dan bisa direbahkan. Selain itu, ada juga port USB untuk mengisi daya telepon genggam yang ada di louver AC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com