Ada Tiruan Kawasaki ZX-10R Sport Touring dari China

Kompas.com - 12/05/2021, 14:01 WIB
|

BEIJING, KOMPAS.com - Pabrikan sepeda motor asal China, Zongshen resmi melansir Zongshen Cyclone RG3. Motor ini merupakan model ketiga yang rilis usai RX6 dan RE3.

Menariknya ialah tampang Cyclone RG3 mirip seperti Kawasaki ZX-10R model terbaru. Kesamaannya dapat dilhat dari bentul lampu depan yang bisa dikatakan nyaris identik.

Baca juga: Skutik Bekas Kisaran Rp 7 Jutaan, Dapat Vario Techno hingga Mio M3

Zongshen Cyclone RG3Foto: Motosaigon.vn Zongshen Cyclone RG3

Mengutip Motosaigon.vn, selain lampu depan, bentuk tangki dan beberapa detail lainnya juga mengingatkan dengan ZX-10R yang dipakai balapan WorldSBK.

Hal yang membedakan keduanya ialah proporsi tubuh. Seperti disebutkan Cyclone RG3 merupakan motor sport touring, sedangkan ZX-10R merupakan motor sport.

Meski tampilannya meniru, Cyclone RG3 sebetulnya dibekali fitur yang cukup baik. Salah ssatunya posisi windshield yang cukup tinggi untuk menghalang angin.

Zongshen Cyclone RG3Foto: Motosaigon.vn Zongshen Cyclone RG3

Lampu depan sudah full-LED, setang lebar untuk pengendalian yang baik, serta jok yang cukup mewah untuk pengemudi dan penumpang.

Baca juga: Motor Dipaksa Menggunakan BBM yang Tidak Standar Pabrikan

Panelmeter memakai layar TFT 6,75 inci, sistem pengereman sudah ABS. Kemudian sistem elektroniknya juga canggih, ada kamera yang dipasang di lampu depan.

Zongshen Cyclone RG3Foto: Motosaigon.vn Zongshen Cyclone RG3

Cyclone RG3 mengusung mesin 401cc, 2-silinder, berpendingin cairan, smampu menghasilkan tenaga maksimum 42,2 tk pada 9.500 rpm dan tosi 34 Nm pada 8.000 rpm.

Mesinnya dirancang untuk mencapai torsi maksimum pada rpm rendah. Cyclone RG3 mampu melaju hingga 155 kpj. Tenaga dikirim ke roda belakang pakai girboks 6-percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.