Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skutik Bekas Kisaran Rp 7 Jutaan, Dapat Vario Techno hingga Mio M3

Kompas.com - 12/05/2021, 11:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Harga skuter matik (skutik) keluaran baru saat ini sudah menyentuh Rp 20 jutaan untuk model paling murah. Sebagai alternatif konsumen bisa melirik skutik bekas yang lebih terjangkau.

Apalagi dengan kemacetan yang hampir terjadi setiap hari di Jakarta, mengendarai skutik terasa lebih nyaman ketimbang motor bebek atau sport, yang masih menggunakan transmisi manual.

Bagi Anda yang mengincar skutik dengan harga bersahabat, tak ada salahnya untuk melirik pasar motor bekas. Sebab dengan dana sekitar Rp 7 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan beragam pilihan skutik.

Baca juga: Saat Menyalakan Mesin Motor Injeksi Harus Nunggu Lampu Indikator Mati?

Motor tahun tua yang kondisinya masih orisinil masih banyak dicari.Donny Dwisatryo Priyantoro Motor tahun tua yang kondisinya masih orisinil masih banyak dicari.

“Kalau yang umurnya 5 tahun ke bawah, harganya masih sekitar Rp 9 jutaan. Tapi kalau sudah 5 tahun lebih, biasanya ada di kisaran Rp 7 jutaan,” ucap Wira Gunawan dari diler Wira Mandiri Motor di Depok, Jawa Barat, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pencarian dari situs jual beli daring, skutik dari merek Honda tersedia beberapa tipe. Mulai dari Vario generasi pertama yang sempat beberapa kali facelift, kemudian Vario Techno, dan juga Beat.

Dari merek Yamaha, skutik di kisaran Rp 7 jutaan rupanya didominasi Mio Series keluaran baru. Berbeda dengan skutik Honda yang masih karburator, untuk skutik Yamaha di rentang harga tersebut sudah injeksi.

Begitu juga skutik dari pabrikan berlogo ‘S’, yaitu Nex FI lansiran 2013-2014 yang saat ini dibanderol mendekati Rp 7 jutaan.

Baca juga: Halau Pemudik Nekat Jelang Lebaran, Penyekatan Dibuat Berlapis-lapis

Suzuki Nex masih jadi andalan Suzuki di segmen skutikKompasOtomotif Suzuki Nex masih jadi andalan Suzuki di segmen skutik

Berikut ini pilihan skutik bekas di kisaran Rp 7 jutaan dari situs jual beli online:

Honda
- Vario 2006-2010 Rp 5 jutaan – Rp 7 jutaan
- Vario Techno 2009-2011 Rp 6 jutaan – Rp 7 jutaan
- Beat 2008-2012 Rp 5,5 jutaan – Rp 7 jutaan

Yamaha
- Mio Soul GT 2012-2013 Rp 6 jutaan – Rp 7 jutaan
- Mio J 2012-2014 Rp 5 jutaan – Rp 6,5 jutaan
- Mio M3 2015 Rp 5,5 jutaan – Rp 7 jutaan

Suzuki
- Nex FI 2013-2014 Rp 6 jutaan – Rp 7 jutaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com