Pelanggaran Mudik Dominan Dilakukan Pengendara Sepeda Motor

Kompas.com - 12/05/2021, 09:22 WIB
Sejumlah pemudik motor melawan arus menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang. ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAHSejumlah pemudik motor melawan arus menghindari posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri, Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki hari kelima larangan mudik Lebaran, Polda Metro Jaya mengatakan telah memutar balik ribuan kendaraan yang nekat melakukan perjalanan mudik sejak 6 Mei 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, setidaknya ada 24.477 kendaraan yang diputar balik selama lima hari peniadaan larangan mudik.

“Jenis kendaraan yang diputar balik itu, yakni 14.742 sepeda motor dan 7.887 mobil pribadi. Kemudian, 1.535 mobil penumpang atau angkutan umum dan 313 mobil barang. Seluruh kendaraan itu diputar balik di 42 titik yang kita buat,” ujar Yusri dalam keterangan resminya, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Harley-Davidson Bikin LiveWire Jadi Anak Perusahaan Motor Listrik

Yusri juga mengatakan, ada 54.410 kendaraan diperiksa di 21 titik penyekatan. Sebanyak 23.720 kendaraan diputar balik dan sebanyak 2.679 kendaraan juga diperiksa di 21 titik check point. Hasilnya, ada 757 kendaraan diputar balik.

“Ada juga kita temukan 16 travel gelap di titik penyekatan dan satu travel gelap di titik check point. Sebanyak 17 travel gelap itu kita tindak dengan sanksi tilang, mobil kita sita sampai usai lebaran (17 Mei 2021),” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pos penyekatan di gerbang tol Kalikangkung, Semarang.KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Pos penyekatan di gerbang tol Kalikangkung, Semarang.

Tidak hanya memeriksa kendaraan, petugas juga melakukan rapid tes antigen kepada pemudik. Sebanyak 117 orang menjalani rapid test antigen di 21 titik pos penyekatan. Sedangkan, dua orang menjalani rapid test antigen di 21 titik check point.

Baca juga: Cek Volume Air Aki, Bisa Dilakukan di Rumah

“Kita juga membagikan 4.526 masker. Sebanyak 1.358 dibagikan di 21 titik pos penyekatan dan 3.168 dibagikan di 21 titik check point,” ucap Yusri.

Petugas kepolisian juga tidak lelah mengimbau masyarakat untuk tetep mematuhi kebijakan peniadaan mudik tersebut demi mencegah penyebaran virus Covid-19 meluas ke daerah-daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.