Kompas.com - 11/05/2021, 18:21 WIB
Aki mobil basah SuparnaAki mobil basah

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang lebaran 2021, biasanya cukup banyak kegiatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah

Salah satu perawatan yang mudah untuk dilakukan sendiri di rumah adalah mengecek volume air aki mobil. Hal ini penting untuk dilakukan guna mencegah aki menjadi soak.

Sebab, aki merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Tanpa aki yang kondisinya optimal, mobil akan sulit untuk dihidupkan.

Baca juga: Aki Basah pada Mobil Jangan Pernah Diisi Air Mineral, Ini Alasannya

Volume air aki perlu dijaga tetap di batas aman. Jangan sampai aki kekurangan air yang dapat menyebabkan elemen di dalamnya menjadi rusak.

Tambah air aki mobilSuparna Tambah air aki mobil

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, mengatakan, untuk tetap menjaga aki tetap baik adalah memastikan airnya berada di tengah-tengah batas yang diperbolehkan.

“Jangan sampai air di atas upper atau batas atas maupun di bawah batas terendah atau low,” kata Suparna, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Aki Mobil Buatan Dalam Negeri, untuk LCGC Sampai Truk

Jika volume air aki tidak sesuai dengan yang direkomendasikan, tentu akan berakibat negatif.

"“Jika air terlalu banyak atau melebihi batas maksimal maka akan terjadi penguapan saat digunakan, ini bisa menyebabkan terjadinya korosi pada komponen lainnya,” kata Suparna.

Sebaliknya, jika aki kekurangan cairan, elemen yang ada di dalamnya jadi tidak terendam sepenuhnya. Sehingga, kerjanya menjadi tidak maksimal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X