Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UD Trucks Sambut Aturan Pemerintah Soal Bahan Bakar B30 dan Standar Euro 4

Kompas.com - 07/05/2021, 12:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akan memberlakukan aturan mengenai kendaraan diesel yang wajib memenuhi standar emisi Euro 4 di tahun 2022. Nantinya semua kendaraan diesel yang diproduksi harus sesuai dengan standar tersebut.

Selain standar kendaraan yang sudah Euro 4, pemerintah juga membuat program bahan bakar biodiesel B30 yang diklaim memiliki emisi yang lebih baik.

Perlu diketahui bahan bakar B30 merupakan campuran Fatty Acid Methyl Ester (FAME) sebanyak 30 persen dan solar 70 persen.

Menanggapi adanya penggunaan bahan bakar B30 dan kewajiban produk memenuhi standar Euro 4 di tahun 2022, Vice President dari PT UD Astra Motor Indonesia Chrisnoadhi mengatakan, UD Trucks sudah melakukan pengembangan produk yang sesuai dengan aturan tersebut.

Baca juga: Tol Cikampek Padat Imbas Penyekatan Larangan Mudik, Ini Penjelasan Polisi

 

Pengemudi trukDOK. UD TRUCKS Pengemudi truk

UD Trucks memanfaatkan inovasi dan teknologi sejak tahun 2018 melalui pengembangan untuk penggunaan bahan bakar biodiesel 30 persen atau B30. Jadi ada penyesuaian pada beberapa komponen agar truk bisa meneguk B30.

"Bersama dengan bagian RnD UD Trucks dan aftermarket, semua transmisi dan filter telah dikembangkan agar dapat beradaptasi dengan bahan bakar terbarukan yang di harapkan lebih ramah lingkungan," ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (6/5/2021).

Hal ini selaras juga dengan arahan pemerintah dalam penerapan bahan bakar berstandar Euro 4 untuk mesin diesel di Indonesia. UD Trucks telah menyiapkan berbagai ragam perkembangan untuk menuju tahap Euro 4 di tahun ini.

Baca juga: Begini Prosedur Lengkap Pengajuan SIKM Saat Larangan Mudik Berlaku

"Kami sudah menyiapkan improvement itu sejak beberapa waktu lalu, dan sudah mulai berjalan. Tapi secara umum, dengan adanya Euro 4 kami bersyukur dapat turut serta program pemerintah untuk berkontribusi terhadap pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap penghijauan," kata Chrisnoadhi.

Selain mempersiapkan kendaraan yang ramah lingkungan, UD Trucks juga memerhatikan protokol kesehatan pengemudi saat pandemi Covid-19. Salah satunya yaitu memberikan kenyamanan pada pengemudi truk dengan sistem Air Conditioner (AC).

Fitur AC sudah hadir di semua UD Trucks Quester. Kenyamanan pengemudi truk tetap terjaga tanpa harus membuka kaca di tengah kemacetan dan polusi udara yang terjadi.

Selain itu, pengemudi juga jadi tidak perlu banyak berhenti untuk beristirahat sehingga bisa tenang berkendara dan aman di jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com