Tol Cikampek Padat Imbas Penyekatan Larangan Mudik, Ini Penjelasan Polisi

Kompas.com - 06/05/2021, 12:04 WIB
Sejumlah kendaraan melintasi tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/4/2021). Pada libur Paskah PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 185.916 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek, meningkat 41,60 ?ri lalu lintas normal. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp. ANTARA FOTO/Fakhri HermansyahSejumlah kendaraan melintasi tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/4/2021). Pada libur Paskah PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 185.916 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek, meningkat 41,60 ?ri lalu lintas normal. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuplikan video memperlihatkan sejumlah bus dan kendaraan kecil berhenti di ruas Tol Jakarta-Cikampek pada Kamis (6/5/2021). Mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan karena penyekatan mudik lebaran.

Para penumpang yang merupakan karyawan itu bahkan terlihat sampai turun ke jalan, untuk kemudian mengajukan protes. Adapun pristiwa ini terjadi di ruas mengarah GT Cikarang Barat.

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus tidak menampik hal tersebut. Hanya saja, ditegaskan bahwa sampai saat ini tak ada penutupan dan penumpukkan yang terjadi cukup normal.

Baca juga: Resmi Diterapkan, Ini Sanksi bagi Pengemudi yang Nekat Mudik Lebaran

Ilustrasi kemacetan di jalan tol Jakarta-CikampekDok. Jasa Marga Ilustrasi kemacetan di jalan tol Jakarta-Cikampek

"Tidak ada penutupan, tapi memang ada penumpukkan karena terdapat pemeriksaan di pos penyekatan mudik lebaran. Normal saja, seperti saat kita mengantre untuk bayar tiket," katanya saat dihubungi, Kamis.

Dalam kesempatan terpisah, Kasat PRJ Polda Metro Jaya Kompol Akmal menyebut bahwa peristiwa itu terjadi di KM 31 Tol Jakarta-Cikampek sekitar pukul 06.00 WIB - 07.00 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kala itu, memang sempat terjadi penumpukkan karena ada penutupan sementara akses dari Karawang Timur menuju Cikarang Barat supaya memudahkan petugas untuk memutarbalik kendaraan yang ingin mudik.

 Baca juga: Catat, Ini Sasaran Operasi Ketupat Jaya 2021

"Hanya sementara saja, untuk memudahkan proses penyekatan dan putarbalik kendaraan," ujar dia.

"Setelah dibuka, sudah tidak masalah. Hanya penumpukkan biasa saja," lanjut Akmal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.