Mudik Dilarang, 593.185 Kendaraan Diprediksi Keluar dari Jabotabek

Kompas.com - 05/05/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021 JASA MARGAIlustrasi lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek jelang Tahun Baru 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski larangan mudik Lebaran telah ditetapkan berlangsung pada 6-17 Mei 2021, namun PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memprediksi bakal tetap ada pergerakan kendaraan yang keluar wilayah Jabotabek.

Atika Dara Prahita, Operation & Maintenance Management Group Head Jasa Marga, memprediksi ada 593.185 kendaraan yang keluar Jabotabek pada periode 6-12 Mei 2021 atau H-7 sampai H-1 jelang Lebaran.

Jumlah tersebut merupakan arus lalu lintas kendaraan dari empat Gerbang Tol Utama, yaitu GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Meski diprediksi tetap ada pergerakan, namun secara jumlah volume kendaraannya diklaim turun sekitar 35 persen dari kondisi lalu lintas normal.

Baca juga: Jasa Marga Tutup Tol Layang MBZ Jakarta-Cikampek saat Larangan Mudik

Sejumlah kendaraan melintasi tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/4/2021). Pada libur Paskah PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 185.916 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek, meningkat 41,60 ?ri lalu lintas normal. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan melintasi tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Jumat (2/4/2021). Pada libur Paskah PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 185.916 kendaraan meninggalkan wilayah Jabodetabek, meningkat 41,60 ?ri lalu lintas normal. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk prediksi volume lalu intas meninggalkan Jabotabek tertinggi akan terjadi pada 11 Mei 2021 atau (H-2), yakni sebesar 109.327 kendaraan," ucap Atika dalam keterangan resminya, Selasa (4/5/2021).

"Selain pada periode H-6 sampai H-1, kami juga memprediksi peningkatan volume pada masa pengetatan mudik yang jatuh pada hari Rabu, 5 Mei 2021, dengan jumlah 138.508 kendaraan yang meninggalkan Jabotabek," kata dia.

Baca juga: Bisa Mudik Lokal, Ini Kisaran Harga Sewa Mobil di Bandung

Jasa Marga terapkan contraflow di Tol Jakarta-CikampekJasa Marga Jasa Marga terapkan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

Atika mengatakan kedua prediksi tersebut merupakan angka kumulatif volume arus lalu lintas yang berasal dari empat Gerbang Tol Utama, yang memang menjadi akses bagi masyarakat untuk keluar dari wilayah Jabotabek.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.