Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Visual Honda N7X, Calon SUV Murah Honda di Indonesia

Kompas.com - 04/05/2021, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM), kembali membuktikan langkah agresifnya di Indonesia. Setelah meluncurkan empat produk baru, giliran melakukan debut dunia mobil konsep terbarunya, yakni N7X.

Honda N7X yang memiliki arti New 7 Seater eXcitement, digadang-gadang bakal menjadi calon sport utility vehicle (SUV) segmen B terbaru Honda dalam waktu dekat.

Menariknya lagi, mobil ini rupanya disiapkan untuk menyasar segmen Low SUV atau SUV murah dengan kapasitas tujuh penumpang, tapi dengan dimensi yang lebih besar dari Mobilio dan BR-V.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM mengatakan, pengembangan N7X dilakukan menyesuaikan karakter konsumen di Indonesia, termasuk soal apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

Baca juga: Pertama di Dunia Honda Kenalkan N7X, Mobil Konsep 7 Penumpang untuk Indonesia

Honda N7X Concept, LSUV baru Honda untuk IndonesiaHPM Honda N7X Concept, LSUV baru Honda untuk Indonesia

Secara dimensi, Billy mengatakan N7X lebih besar, baik dari tinggi, lebar, dan panjang bila dibandingkan dengan BR-V atau Mobilio.

"N7X adalah New 7 Seater eXcitement, mobil konsep ini dirancang dan dikembangan oleh R&D Honda Asia Pasific sebagai visi Honda untuk sebuah mobil 7-seater yang melebihi ekspektesi dari konsumen," ucap Billy kepada media saat sesi konferensi pers, Senin (3/5/2021).

"Saat ini tidak mengaju pada model tertentu karena world premiere yang kita lakukan ini mobil konsep. Tapi kalau dilihat, segmennya memang mengikuti LSUV karena masih dalam batas light SUV, belum sebesar CR-V," katanya.

Honda N7X Concept, Calon mobil 7 penumpang baru Honda untuk IndonesiaYOUTUBE/HONDAISME Honda N7X Concept, Calon mobil 7 penumpang baru Honda untuk Indonesia

Melihat dari desain, meski diakui masih berupa konsep, tapi visualnya cukup menjanjikan dengan tarikan garis yang ramping mulai dari bagian depan sampai sektor samping.

Tongkorongan depannya juga benar-benar menyuguhkan sajian visual baru yang fresh. Bentuk bumper dan gril besar dengan model tiga susun nampak mendominasi yang kemudian dipadankan dengan lampu utama yang ramping bersama DRL.

Baca juga: Mobil Konsep Honda N7X Meluncur, Tawarkan Paduan LSUV dan LMPV

Hasilnya, wajah N7X terlebih mewah dan elegan. Sementara aura SUV diaplikasi melalui desain kap mesin yang lebar dan dibuat memanjang, seakan mengambarkan kesan tegasnya.

Tak hanya itu, Honda juga tak lupa memberikan sentuhan krom di bagian depan sebagai pemanis yang sekaligus kegemaran masyarakat Indonesia. 

HPM luncurkan mobil konsep Honda N7XDok. HPM HPM luncurkan mobil konsep Honda N7X

Bagian samping, kaki-kaki nampak terlihat kokoh dan padat dengan penyematan pelek bermotif kipas dan ban besar.

Kesan SUV makin kental dengan hadirnya roof rail di bagian sisi atap N7X, fender hitam yang dibuat menyatu dengan bodi, serta pijakan kaki yang memanjang dari pintu baris pertama hingga kedua.

Baca juga: Punya Dimensi Lebih Compact, Senyaman Apa Kabin Daihatsu Rocky ?

Pada buritan, sekilas visual pintu bagasi memiliki gaya yang hampir serupa dengan BR-V, apalagi bentuk kaca belakang yang lebar dan melandai.  Sedangkan untuk stoplamp juga telah menggunaan LED.

Honda N7X Concept, Calon mobil 7 penumpang baru Honda untuk IndonesiaYOUTUBE/HONDAISME Honda N7X Concept, Calon mobil 7 penumpang baru Honda untuk Indonesia

Menurut Billy, pengembangan mobil ini memang dilakukan dengan tujuan memberikan sebuah makna atau definisi baru dari genre mobil tujuh penumpang yang sebenarnya.

Hal tersebut juga di latar belakangi hasil riset yang dilakukan Honda di Indonesia, di mana banyak masyarakat yang menganggap mobil bukan sekadar alat transportasi , tapi juga rumah kedua.

"Mobil ini dirancang dan di develop untuk masyarakat kita yang mana segmennya cukup besar. Karena itu, melalui mobil ini kita memberikan definisi atau makna baru dari pengalaman dan kesenangan berkendara," ucap Billy.

Baca juga: Pakai Merek Toyota, Ekspor Daihatsu Rocky Bergulir Agustus 2021

Honda N7X Concept, LSUV baru Honda untuk IndonesiaYOUTUBE/HONDAISME Honda N7X Concept, LSUV baru Honda untuk Indonesia

Terkait segmen LSUV, di mana ada BR-V, Suzuki XL7, Rush, dan Terios, menurut Billy memang perkembangannya sangat baik. Bahkan berdasarkan data, baik penjualan dan trennya cukup meningkat drastis.

"Segmen LSUV itu sekarang terus naik, kalau melihat data Gaikindo, pencapaian sampai Maret 2021 sudah lebih dari 20 persen, dan LMPV 19 persen. Karena trennya pindah ke LSUV sekarang," ucap Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com