Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/04/2021, 11:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Rocky akhirnya resmi mengaspal di Indonesia. Mobil bergenre SUV compact yang pertama kali meluncur di Tokyo Motor Show (TMS) 2019 itu, kini siap meramaikan pasar otomotif Tanah Air.

Tak sekadar menjadi produk baru saja, tapi melalui Rocky, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga memberikan gebrakan yang benar-benar berbeda dari sebelumnya, terutama dari segi spesifikasi.

Seperti diketahui, Rocky dikembangkan menggunakan platform baru, yakni Daihatsu New Global Architecture atau DNGA yang mengusung konsep 1-1-1-1 dengan filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.

 Baca juga: Resmi Meluncur, Daihatsu Rocky Lahir Duluan

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Hal tersebut mengartikan setiap pengembangan produk berbasis DNGA, telah memperhitungkan segala aspek hingga kepada titik terdetailnya. Mulai dari dimensi, bobot, harga, dan waktu agar menghasilkan kendaraan yang efisien.

Daihatsu sendiri mengklaim platform DNGA mampu memberikan pengalaman dan sensasi berkendara yang berbeda. Karena itu, bisa dipastikan impresi berkendara Rocky akan menawarkan pengalaman baru dari model Daihatsu yang ada saat ini di Indonesia.

Kondisi tersebut lantaran karakter mesin yang lebih halus dengan performa maksimal, kenyamanan dalam berkendara, tingkat kestabilan kendaraan, efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan ramah lingkungan, serta desain stylish yang modern.

Nah bicara soal spesifikasi mesin, ini juga menjadi hal baru yang diterapkan Daihatsu untuk pasar Indonesia. Pasalnya, Rocky dibekali mesin berkode 1KR-VET berkubikasi 1.000 cc tiga silinder turbo.

Baca juga: Kata Menperin, Rocky dan Raize Bukti Komitmen Industri Otomotif

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 97,8 ps atau setara 96,4 tk pada 6.000 rpm dan torsi 15.2 kgm di rentang 2.400 sampai 4.000 rpm. Daya tersebut disalurkan ke penggerak roda depan, bukan belakang seperti kakaknya, yakni Terios.

Paling menariknya lagi, Rocky juga sudah dilengkapi transmisi CVT yang mana ini menjadi pertama kalinya bagi Daihatsu di Indonesia memiliki model dengan transmisi lebih modern. Namun demikian, tetap ada pilihan transmisi manual dengan lima percepatan.

Transmisi D-CVT yang adopsi Rocky juga diklaim cukup halus saat digunakan dan responsif. Sehingga bisa memberikan efek kenyamanan bagi setiap pengguna dan penumpang.

 Baca juga: Raize Rocky Diproduksi Tahun Ini, Menperin Minta Lokal Konten 70 Persen

Daihatsu Rocky ADSKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky ADS

Daihatsu juga menyediakan varian tertinggi dari Rocky yang sudah dilengkapi dengan perangkat pintar Advanced Safety Assist (ASA). Hampir sama dengan CR-V pada Honda Sensing, pada teknologi ini juga terdapat beberapa fitur keamanan aktif untuk menekan risiko benturan.

Berikut detail spesifikasi Rocky di Indonesia :

Dimensi :

  • Panjang - 4.030 mm
  • Lebar - 1.710 mm
  • Tinggi - 1.635 mm
  • Jarak sumbu roda - 2.525 mm
  • Jarak pijak roda depan/belakang - 1.475/1.470 mm
  • Kapasitas tempat duduk - 5 penumpang

Bobot :

  • Berat depan/belakang - 810/870 kg
  • Total kendaraan - 1.580 kg

Performa :

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com