Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2021, 12:59 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) bersama PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali mempererat kerjasamanya untuk menghadirkan produk terbaik di Tanah Air dengan menggunakan platform sama.

Kini, melalui kolaborasi tersebut lahirlah produk kendaraan kompak yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Mobil kembar ini menjadi model ke-5 dari kerja sama perseroan usai kehadiran Avanza-Xenia di 2003.

"Toyota dan Daihatsu mengawali kerja sama dengan memaksimalkan kekuatan dari kedua perusahaan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia," kata CEO Asia Region Toyota Motor Corporation Yoichi Miyazaki dalam konferensi pers virtual, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Sah, Daihatsu Juga Luncurkan Rocky Pekan Depan

Seremoni virtual kolaborasi Toyota, Daihatsu, dan Astra yang dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Rabu (28/4/2021).dok.TAM Seremoni virtual kolaborasi Toyota, Daihatsu, dan Astra yang dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Rabu (28/4/2021).

"Dengan menginvestasikan teknologi dan mempromosikan konten lokal, kedua perusahaan akan melanjutkan untuk meningkatkan daya saing dan mendukung tujuan pemerintah mengembangkan industri otomotif," lanjut dia.

Melalui acara bertajuk 'Sinergi Untuk Negeri' ini, kedua pabrikan asal Jepang tersebut resmi memperkenalkan Raize dan Rocky yang sudah menjadi rahasia umum beberapa bulan terakhir.

"Hari ini kami sangat bersemangat untuk memperkenalkan produk baru yang merupakan hasil dari kolaborasi kami, yaitu Raize," ujar Yoichi.

Sementara perkenalan Rocky di Indonesia diumumkan setelahnya oleh Soichiro Okudaira, President Daihatsu Motor Co., Ltd. Masing-masing model dipercaya bisa menjadi pilihan tepat pelanggan SUV di Indonesia.

Baca juga: Bocoran Mesin 1.200 cc Toyota Raize, Tenaga dan Torsi Lebih Besar

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019.carspiritpk.com Toyota Raize dan Daihatsu Rocky jadi model baru yang ramai diperbincangkan usai Tokyo Motor Show 2019.

"Kami menggunakan pusat R&D ADM yang terbesar di Indonesia untuk membuat kendaraan paling sesuai dengan masyarakat Indonesia. Kami juga mengevaluasi fitur keamanan prefentif terbaru dari Rocky," kata dia.

Soichiro menambahkan, Raize dan Rocky direncanakan bakal diproduksi di pabrik PT Astra Daihatsu Motor dan mulai tersedia di showroom pada 30 April 2021 mendatang.

Menurut Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Djony Bunarto Tjondro, untuk mendukung pengembangan produk ini, Daihatsu telah memiliki research & development center yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

“Kami bangga telah menjadi bagian dalam mengembangkan produk Toyota dan Daihatsu di Indonesia selaras dengan cita-cita Astra, yakni Sejahtera Bersama Bangsa," ujar Djony.

"Astra berharap produk kolaborasi baru ini akan memberikan semakin banyak pilihan bagi konsumen di Indonesia sebagai solusi mobilitas berkualitas yang merupakan hasil semangat bersama Astra, Toyota, dan Daihatsu,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com