Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Rutin Mobil Walau Tidak Dipakai Mudik

Kompas.com - 23/04/2021, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Memiliki kendaraan bukan hanya sekadar dipakai saja, namun perawatannya juga harus diperhatikan. Dengan merawat kendaraan secara rutin, tentu akan mendapatkan berbagai manfaat.

Misalkan, salah satu manfaat yang bisa didapatkan dengan merawat kendaraan secara rutin, pemilik kendaraan jadi tahu kondisi mobil.

Selain itu, merawat kendaraan juga bisa mencegah kondisi darurat yang terjadi di jalanan seperti ban kempis, bahkan mogok.

Secara umum, perawatan mobil terbagi menjadi berbagai periode, mulai harian, per dua minggu, bulanan, per tiga bulan dan per enam bulan.

Untuk harian, perawatan yang perlu dilakukan adalah kebersihan mobil dan tekanan udara ban.

Baca juga: Pandawa 87 Merambah Bus AKAP, Trayek Jakarta - Surabaya - Banyuwangi

Tabung reservoir air wiper Foto: Peugeot Tabung reservoir air wiper

Perawatan per dua minggu meliputi cek kondisi ban mobil, sisa oli rem, air radiator dan fungsi pegas. Untuk bulanan, cek bodi mobil air wiper dan kebersihan interior.

Untuk perawatan tiga bulanan, ikuti jadwal penggantian seperti oli mesin, oli gardan dan fungsi mesin.

Terakhir untuk per enam bulan, periksa karet atau seal, bracket, tali atau belt dan pipa-pipa.

Untuk yang sering menaruh banyak barang di kabin kendaraan, bisa gunakan wadah khusus atau organizer pouch sehingga tidak tercecer. Selain rapi, dengan wadah ini juga lebih mudah untuk mencari barang yang dibutuhkan.

Baca juga: Video Viral Polisi Ceramahi Pengemudi Jangan Pakai Bahu Jalan Tol

Tips merawat mobil dari GoodyearDOK. GOODYEAR Tips merawat mobil dari Goodyear

Goodyear Indonesia akan memberikan organizer pouch dan duffel bag secara gratis bagi pembeli dua ban Goodyear tipe apa saja kecuali Kelly dan Cargo 26 ukuran 15 inci dan 16 inci (organizer puch) dan 17 inci ke atas (duffel bag).

Promo ini berlaku nasional di toko Goodyear bertanda khusus selama periode ramadhan (13 April – 14 Mei 2021). Selain itu, manfaat yang diterima pembeli adalah tetap mendapat perlindungan jaminan penggantian Worry Free Assurance Program.

Promo Goodyear di bulan ramadhan 2021DOK. GOODYEAR Promo Goodyear di bulan ramadhan 2021

Goodyear Indonesia memberikan layanan jaminan penggantian ban gratis atas ban yang dibeli selama 12 bulan atau 20.000 KM bila terjadi kerusakan karena pemakaian atau kondisi jalan. Layanan Worry Free Assurance, berlaku di seluruh Indonesia pada toko Goodyear dimanapun sesaat setelah registrasi dilakukan.

Jadi ketika ban Goodyear yang dibeli di Medan mengalami kerusakan di Jakarta karena kondisi pemakaian atau faktor lain di jalan, segera kunjungi toko Goodyear terdekat, tunjukkan kartu Worry Free Assurance dan minta penggantiannya secara gratis. Biaya pasang dan penyelerasan ditanggung pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com