Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bus Tingkat Baru PO Nusantara, Conqueror

Kompas.com - 23/04/2021, 16:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPO Nusantara asal Kudus memang salah satu perusahaan bus yang melegenda di Indonesia. PO ini sempat menjadi pemilik sasis Scania terbanyak, selain itu juga menggunakan sasis-sasis langka.

Salah satu sasis langka yang digunakan PO Nusantara adalah MAN. Sasis MAN yang digunakan PO Nusantara dipasang ke bodi bus tingkat buatan karoseri Nusantara Gemilang dengan julukan Conqueror.

Bodi Conqueror ini dihadirkan pada tahun 2019 sebagai peringatan 50 tahun PO Nusantara. Kemudian di tahun 2021, PO Nusantara menambah adik dari Conqueror yang juga memakai sasis MAN, namun dengan sedikit ubahan daripada model sebelumnya.

Baca juga: Diskon Mobil Murah di IIMS Hybrid 2021, Harga Jadi Rp 90 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PO NUSANTARA (@po.nusantara_)

 

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, kalau bus Conqueror terbaru ini tidak sepenuhnya baru. Nampaknya bus ini berawal dari bodi bus PO Nusantara yang lain dengan beberapa ubahan.

“Ada yang dulu warna ungu pakai bodi Maxi Miracle. Nampaknya itu hanya repaint dan ganti lampu-lampu saja,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Jumat (23/4/2021).

PO Nusantara memang memiliki satu unit bus tingkat berwarna ungu, namun hanya digunakan untuk armada pariwisata. Dengan melakukan repaint dan ganti lampu depan dan belakang, nampaknya bus ini akan mengisi trayek AKAP.

Baca juga: Pamer Konten Naik Truk Oleng Berujung Terguling di Jalan

Untuk kabinnya, sebuah video di Youtube yang diunggah oleh channel Ragil Wijoyo memperlihatkan lebih detail. Untuk bangkunya, baik di dek bawah menggunakan susunan kursi 2-2 yang dilengkapi dengan leg rest.

Sedangkan keunikan lain ada di dasbor pengemudi. Jika biasanya kisi-kisi AC pengemudi ada di bagian pilar bus, di Conqueror terbaru ini terlihat ada di bagian dasbor, dekat speedometer seperti bus atau truk di eropa.

Sejarah

Bus AKAP PO Nusantaraawansan.com Bus AKAP PO Nusantara

Salah satu Perusahaan Otobus (PO) yang terkenal akan armadanya yang mewah yaitu PO Nusantara. PO asal Kudus ini didirikan pada tahun 1968 oleh Yonatan Budiyanto.

Melansir dari situs resmi PO Nusantara, pada awal mula berdiri hanya mengandalkan dua bus merek GAZ buatan Uni Soviet tahun 1965. Saat itu, bus ini dibeli bekas bus Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Kemudian pada tahun 1969, PO Nusantara kembali menambah armada busnya dengan membeli bus bekas TNI AU. Kali ini ada lima bus yang bermerek ZIEL yang digunakan sebagai armada PO Nusantara.

Satu tahun berselang, tepatnya tahun 1970, mulai dirakit bus dengan bodi dari kayu yang memakai sasis merek THAMES buatan Inggris.

Bus AKAP PO NusantaraKompas.com/Fathan Radityasani Bus AKAP PO Nusantara

Baru pada tahun 1975, diperkenalkan bus dengan bodi yang terbuat dari besi baja dan hadirnya bus dengan merek Ford asal Amerika.

Dua tahun berselang, PO Nusantara memperkenalkan armada dengan merek Mercedes Benz bermesin depan (OF). Bus ini digunakan sampai tahun 1984 dan dilanjut dengan armada Mercedes Benz model mesin di belakang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com