Kinerja Ekspor Mobil Toyota Buatan Indonesia Mulai Membaik

Kompas.com - 23/04/2021, 18:30 WIB
Ekspor Toyota Kijang Innova Foto: TMMINEkspor Toyota Kijang Innova
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kinerja pengkapalan ke luar negeri atas kendaraan bermotor roda empat merek Toyota buatan Indonesia terus bergerak positif imbas terdampak pandemi virus corona alias Covid-19.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mencatat, realisasi ekspor mobil secara utuh atau completely built-up (CBU) pada kuartal pertama tahun ini mencapai 49.200 unit, naik 2 persen dari kuartal IV/2020.

Hasil ini sekaligus semakin mendekati kinerja ekspor Toyota Indonesia sebelum pandemi Covid-19 melanda dunia, yakni 50.000 unit pada kuartal I/2020 lalu.

Baca juga: Mengenal 5 Tingkatan Mobil Otonomos

Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)dok TMMIN Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

Pernyataan serupa juga datang dari asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yang mencatat ekspor CBU Toyota berkontribusi hingga 62 persen terhadap total ekspor otomotif nasional di periode terkait.

Kinerja ini memberikan sinyal positif bagi pelaku industri otomotif dalam hal pemulihan kinerja di Tanah Air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apa yang dicapai oleh TMMIN dan pelaku industri otomotif lainnya tentu tidak terlepas dari dampak positif sejumlah kebijakan pemerintah selama masa pandemi berupa mengucurkan subsidi dan stimulus," ujar Direktur Corporate Affairs TMMIN, Bob Azam di keterangan tertulis, Jumat (23/4/2021).

"Khususnya, pada sektor industri terutama usaha kecil dan menengah serta diikuti dengan pemberian stimulus untuk meningkatkan daya beli dan mendorong pertumbuhan ekonomi di masa recovery yang telah dimulai," tambahnya.

Baca juga: Resmi, Toyota Raize Meluncur 30 April 2021 di Indonesia

Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.TMMIN Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.

Ia berharap, kondisi ekspor industri otomotif Indonesia tahun ini terus bergerak ke arah positif hingga setidaknya mencapai lebih dari 80 persen dari pencapaian ekspor sebelum pandemi Covid-19.

Adapun kontribusi ekspor Toyota Indonesia diperoleh dari beberapa model di tiap segmennya, yaitu Sport Utility Vehicle (SUV), Multi-Purpose Vehicle (MPV), dan Sedan.

Bila dirinci, kontributor terbesar selama kuartal I/2021 ialah Toyota Rush sebanyak 11.600 unit. Kemudian diikuti oleh Toyota Vios 8.800 unit dan Toyota Fortuner dengan 7.300 unit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.