Jokowi Sebut Pameran Otomotif Dorong Kesiapan MotoGP Mandalika

Kompas.com - 15/04/2021, 12:40 WIB
Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika Dok. MGPAMandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo baru saja membuka pameran otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid, yang digelar dengan memadukan konsep online dan offline resmi dibuka pada Kamis, 15 April 2021.

Dalam pidato pembukaannya, Presiden RI Joko Widodo, mengatakan, penyelenggaraan pameran otomotif memiliki dampak buat Indonesia yang hendak mengadakan berbagai ajang internasional, terutama ajang balap dunia.

“Melalui penyelenggaraan pameran ini, reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan dan sekaligus menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional,” ucap Jokowi, dalam konferensi virtual (15/4/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran 2021, Pengendara Boleh Melintas di Wilayah Ini

Sambutan Presiden RI Joko Widodo pada pembukaan IIMS Hybrid 2021.Screenshot Youtube IIMS_ID Sambutan Presiden RI Joko Widodo pada pembukaan IIMS Hybrid 2021.

“Termasuk kesiapan kita untuk menggelar MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta, dan event-event internasional lainnya,” kata dia.

Seperti diketahui, balap Formula E Jakarta harusnya telah berlangsung pada tahun lalu, namun karena pandemi, ajang tersebut masih harus ditunda penyelenggaraannya pada 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara, MotoGP Mandalika sedianya berlangsung pada tahun ini. Namun lagi-lagi karena alasan pandemi dan kesiapan sirkuit yang baru mencapai 70 persen, balap motor di pulau Lombok itu harus ditunda.

Baca juga: Bandel Lawan Arah Saat Macet, Fortuner Dipaksa Jalan Mundur

Dorna Sports, FIM, dan IMI meninjau kesiapan Sirkuit MandalikaDok. IMI Dorna Sports, FIM, dan IMI meninjau kesiapan Sirkuit Mandalika

Hal ini diungkap pihak Federation Internasionale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports yang sudah melakukan inspeksi Sirkuit Mandalika di Lombok pada 7 April 2021.

Disebutkan bahwa kemungkinan sirkuit ini dapat dipakai paling cepat pada akhir 2021, untuk tes pra-musim yang dilakukan para pebalap di kelas MotoGP.

Sedangkan untuk ajang balap MotoGP, disebutkan bahwa sirkuit Mandalika telah masuk pada kalender balap 2022 yang akan diselenggarakan sekitar bulan Maret.

Baca juga: Mengenal PO Nusantara, Bus dengan Ciri Khas Bodi Unik

Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit MandalikaDok. MGPA Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika

Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada FIM dan Dorna yang telah datang dan melaksanakan technical visit yang berjalan baik dan memenuhi harapan mereka.

"Dengan mengetahui bulan yang pasti untuk acara MotoGP, kami yakin akan fokus menyelesaikan proyek pengembangan Mandalika International Street Circuit, sambil juga memaksimalkan nilai yang ditawarkan acara olahraga hebat ini,” kata Abdulbar, belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.