Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MotoGP Mandalika Akan Jadi Salah Satu GP Paling Ikonik

Kompas.com - 10/04/2021, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak penyelenggara MotoGP, Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports, akhirnya sudah melakukan inspeksi langsung ke Mandalika International Street Circuit alias Sirkuit Mandalika, Lombok (7/4/2021).

Saat ini, Sirkuit Mandalika sedang mengerjakan pengaspalan lapisan pertama (AC Base) di beberapa ruas lintasan. Masih ada pekerjaan rumah melakukan pengaspalan lapisan kedua (AC Binder) hingga lapisan terakhir (surface SMA).

Baca juga: Sirkuit Mandalika akan Gelar WorldSBK 2021 dan MotoGP 2022

Selain meninjau kesiapan sirkuit, FIM dan Dorna Sports juga melihat kesiapan Bandara Internasional Lombok. Bandara ini sudah melakukan banyak pembenahan, antara lain perluasan terminal dan fasilitas penunjangnya, dari 24.123 meter persegi menjadi 43.501 meter persegi, serta peningkatan landasan pacu dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter.

Dorna Sports, FIM, dan IMI meninjau kesiapan Sirkuit MandalikaDok. IMI Dorna Sports, FIM, dan IMI meninjau kesiapan Sirkuit Mandalika

Namun, pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung membuat semua pihak yang terlibat sepakat untuk menunda penyelenggaraan MotoGP di 2021. MotoGP pertama akan digelar di sirkuit ini pada paruh pertama musim 2022, atau sekitar bulan Maret.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, juga mengatakan, kunjungan ke Lombok sangat sukses dan pihaknya dapat memastikan bahwa Mandalika International Street Circuit akan menjadi salah satu venue terpenting di kalender ke depannya.

Baca juga: Masih Pengaspalan, Pembangunan Sirkuit Mandalika Sudah 70 Persen

"Kami juga tahu bahwa pendukung dari Indonesia akan hadir secara masif dan balapan yang digelar akan menjadi salah satu yang paling ikonik sepanjang musim," ujar Ezpeleta, dikutip dari MotoGP.com, Sabtu (10/4/2021).

Ezpeleta menambahkan, Indonesia adalah pasar utama, tidak hanya untuk Dorna tetapi juga untuk semua pemangku kepentingan kejuaraan.

Jika MotoGP dapat digelar di Asia Tenggara jelang akhir musim 2021, pihak Dorna akan berusaha untuk menggelar sesi tes yang akan diikuti oleh para pebalap di kelas utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com