Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Sebut Pameran Otomotif Dorong Kesiapan MotoGP Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo baru saja membuka pameran otomotif, Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid, yang digelar dengan memadukan konsep online dan offline resmi dibuka pada Kamis, 15 April 2021.

Dalam pidato pembukaannya, Presiden RI Joko Widodo, mengatakan, penyelenggaraan pameran otomotif memiliki dampak buat Indonesia yang hendak mengadakan berbagai ajang internasional, terutama ajang balap dunia.

“Melalui penyelenggaraan pameran ini, reputasi Indonesia di dunia otomotif bisa ditingkatkan dan sekaligus menunjukkan kesiapan kita untuk menjadi tuan rumah penyelenggara event otomotif berskala internasional,” ucap Jokowi, dalam konferensi virtual (15/4/2021).

“Termasuk kesiapan kita untuk menggelar MotoGP di Mandalika, Formula E di Jakarta, dan event-event internasional lainnya,” kata dia.

Seperti diketahui, balap Formula E Jakarta harusnya telah berlangsung pada tahun lalu, namun karena pandemi, ajang tersebut masih harus ditunda penyelenggaraannya pada 2021.

Sementara, MotoGP Mandalika sedianya berlangsung pada tahun ini. Namun lagi-lagi karena alasan pandemi dan kesiapan sirkuit yang baru mencapai 70 persen, balap motor di pulau Lombok itu harus ditunda.

Hal ini diungkap pihak Federation Internasionale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports yang sudah melakukan inspeksi Sirkuit Mandalika di Lombok pada 7 April 2021.

Disebutkan bahwa kemungkinan sirkuit ini dapat dipakai paling cepat pada akhir 2021, untuk tes pra-musim yang dilakukan para pebalap di kelas MotoGP.

Sedangkan untuk ajang balap MotoGP, disebutkan bahwa sirkuit Mandalika telah masuk pada kalender balap 2022 yang akan diselenggarakan sekitar bulan Maret.

Presiden Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M Mansoer, mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada FIM dan Dorna yang telah datang dan melaksanakan technical visit yang berjalan baik dan memenuhi harapan mereka.

"Dengan mengetahui bulan yang pasti untuk acara MotoGP, kami yakin akan fokus menyelesaikan proyek pengembangan Mandalika International Street Circuit, sambil juga memaksimalkan nilai yang ditawarkan acara olahraga hebat ini,” kata Abdulbar, belum lama ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/15/124000615/jokowi-sebut-pameran-otomotif-dorong-kesiapan-motogp-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke