Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IIMS Hybrid Dibuka, Ini Harapan Jokowi untuk Sektor Otomotif Nasional

Kompas.com - 15/04/2021, 11:59 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Negara, Kamis (15/4/2021).

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan beberapa harapan dengan digelarnya ajang IIMS Hybrid 2021 ini. Salah satunya agar bisa mendongkrak perkembangan industri otomotif Tanah Air.

"Saya ingin industri otomotif segera bangkit setelah diterpa pandemi Covid-19 dan memperkerjakan lebih banyak lagi tenaga, serta ikut menggerakkan industri UMKM dan segera menaikkan ekspor ke negara lain atau pasar global," ucap Jokowi dalam pidato seremoni pembukaan IIMS Hybrid 2021 secara virtual, Kamis (15/4/2021).

 Baca juga: IIMS Hybrid 2021 Resmi Dibuka Presiden RI Jokowi

Menurut Jokowi, industri otomotif merupakan salah satu penggerak roda perekonomian bangsa yang harus segera diakselerasi. Karena di dalamnya banyak keterlibatan para pelaku usaha baik dari hulu hingga hilir.

Presiden Jokowi Resmikan IIMS Hybrid 2021screen capture Youtube IIMS Presiden Jokowi Resmikan IIMS Hybrid 2021

Selain itu, Jokowi meminta industri otomotif meningkatkan keterlibatan sektor industri UMKM, juga memberikan nilai tambah terhadap ekonomi dalam negeri yang harus menjadi prioritas.

"Tentu saja yang paling penting adalah penyerapan tenaga kerja lokal dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang menjadi golnya di sini," kata Jokowi.

Tak kalah penting, Jokowi juga meminta agar transformasi menuju green technology harus segera dilakukan, termasuk soal pengembangan industri mobil listrik di Indonesia.

Baca juga: Deretan Mobil Baru yang Siap Ramaikan IIMS Hybrid Hari Ini

Suasana booth Toyota di IIMS 2017.TAM Suasana booth Toyota di IIMS 2017.

Hal tersebut lantaran ke depannya, teknologi hijau, kendaraan hijau, termasuk ekonomi hijau akan menjadi tumpuan lantaran Indonesia memiliki potensi dan kekuatannya.

"Penggunaan energi terbarukan, seperti B30 dan B100 harus terus di lanjutkan, pengembangan industri mobil listrik ini juga harus dipercepat dan kita harapkan jadi industri unggulan negara kita," ucap Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com