Bandel Lawan Arah Saat Macet, Fortuner Dipaksa Jalan Mundur

Kompas.com - 14/04/2021, 12:31 WIB
Pengemudi Fortuner Melawan Arah instagram.com/dashcamindonesiaPengemudi Fortuner Melawan Arah


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah rekaman yang memperlihatkan Toyota Fortuner melawan arah tengah viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Dashcam Indonesia, Rabu (14/4/2021).

Dalam rekaman tersebut, terlihat SUV berwarna putih terpaksa mundur lantaran memaksa berkendara di lajur berlawanan hingga berhadapan dengan truk besar.

“Akibat tidak sabar menunggu, sudah tahu macet malah nge-blong. Ayo mundur,” ucap pria yang merekam video tersebut.

Baca juga: Maling Ini Coba Curi Komponen Mobil Sitaan Derek Dishub DKI

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, aksi seperti ini memang kerap terjadi di luar daerah seperti jalur Pantura (pantai utara).

“Para pengemudinya sering mengabaikan faktor keselamatan, dengan pertimbangan ingin cepat atau cari yang lancar,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Sony menambahkan, ketika di depan ada mobil yang berhenti atau macet, pengemudi harus berpikir positif, kemungkinan besar ada suatu atau hambatan, jadi lihat dulu kondisinya.

Apalagi jalan sempet seperti itu, lalu lintas ramai dan markanya tidak diperbolehkan untuk mendahului.

“Jadi tidak langsung banting setir ke kanan,” katanya.

Baca juga: Masih Bingung Urus SIM? Begini Bedanya Perpanjangan dan Bikin Baru

Menurut Sony, segala sesuatu yang dipaksakan dan tidak dipikirkan secara matang, potensi kecelakaannya bisa tinggi.

Ada beberapa perilaku yang patut dilakukan saat mengemudi jika ingin terhindar dari bahaya. Perlu diingatkan juga, bahwa melawan arus bukanlah hal yang beretika untuk dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X