Bus Kecelakaan di Bahu Jalan, Ingat Regulasi yang Berlaku di Tol

Kompas.com - 09/04/2021, 07:02 WIB
Lakalantas antara bus dengan tractor head di jalan tol Kebomas kilometer 13 akibat bus menyalip lewat bahu jalan. -Lakalantas antara bus dengan tractor head di jalan tol Kebomas kilometer 13 akibat bus menyalip lewat bahu jalan.

SURABAYA, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan lalu lintas di KM 13 Tol Kebomas, Gresik, Jawa Timur, Kamis (8/4/2021) pukul 12.30 WIB.

Dilansir dari grup Facebook Info Kecelakaan Hari Ini, kecelakaan tersebut dialami oleh bus dan tractor head. Kronologi bermula saat bus dan tractor head sama-sama melaju dari arah barat menuju timur. Bus hendak menyalip melalui bahu jalan.

Celakanya, roda sebelah kiri depan bus turun ke tanah sehingga bus kehilangan kendali dan menjadikan posisi bus melintang di jalan. Tractor head tidak dapat menghindar tepat waktu sehingga menabrak bagian belakang bus.

Baca juga: SE Larangan Mudik Terbit, Cuma 2 Perjalanan Ini yang Dikecualikan

Kondisi bahu jalan seusai lakalantas antara bus dengan tractor head di jalan tol Kebomas kilometer 13 akibat bus menyalip lewat bahu jalan.- Kondisi bahu jalan seusai lakalantas antara bus dengan tractor head di jalan tol Kebomas kilometer 13 akibat bus menyalip lewat bahu jalan.

Menanggapi kejadian tersebut, perlu dipahami bahwa menyalip kendaraan melalui bahu jalan berisiko kecelakaan.

Oleh karena itu, terdapat aturan tertulis mengenai larangan untuk menyalip kendaraan melalui bahu jalan. Hal ini tertulis dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol khususnya pada Pasal 41.

Selain itu, terdapat pula aturan pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), pada Paragraf 3 soal Jalur dan Lajur Lalu Lintas. lebih detail disebutkan pada pasal 109 ayat 1 bahwa jika menyalip harus menggunakan lajur sebelah kanan.

Baca juga: Perbandingan Harga Kia Sonet 7-Seater dengan Toyota Rush dkk

Ilustrasi rambu dilarang menggunakan bahu jalan kecuali daruratrambumurah.com Ilustrasi rambu dilarang menggunakan bahu jalan kecuali darurat

Sonny Susmana selaku Training Director Safety Defensive Consultant mengatakan, menyalip kendaraan dari sebelah kiri rentan kecelakaan dan bisa berakibat fatal.

“Sebab bahu jalan memiliki layer yang berbeda serta permukaan yang lebih kasar. Sehingga lebih bahaya ketika digunakan pada kecepatan di atas 40 kilometer per jam,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sangat disarankan untuk selalu menyalip lewat sebelah kanan. Selain agar lebih mudah untuk dilihat pengemudi kendaraan yang akan disalip melalui spion, lajur kanan memang diperuntukkan untuk menyalip.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X