Imbas Insentif PPnBM, Berikut Harga MPV Murah Bekas Rp 80 Jutaan

Kompas.com - 09/04/2021, 06:39 WIB
Ilustrasi pengecekan atau inspeksi mobil bekas Pilihan Expert di Seva.id melalui video call. (DOK. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi pengecekan atau inspeksi mobil bekas Pilihan Expert di Seva.id melalui video call.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil keluarga 7-penumpang bekas berharga murah alias low multi purpose vehicle (LMPV) masih kerap digemari warga Indonesia terkhusus menjelang suatu perayaan tertentu.

Presiden Direktur Mobil88 Halomoan Fischer mengatakan, hal tersebut seiring dengan besarnya kapasitas kendaraan sehingga lebih fleksibel untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan.

“Low MPV bisa dibilang jadi segmen yang penjualannya selalu bagus sepanjang tahun,” ucap Fischer, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Perbandingan Harga Kia Sonet 7-Seater dengan Toyota Rush dkk

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

“Biasanya konsumen juga butuh kendaraan yang bisa menampung tujuh orang atau minimal bisa membawa barang bawaan dengan leluasa,” katanya.

Lantas bagaimana kisaran harga LMPV bekas saat ini, mengingat pasar mobil bekas tengah mengalami penyesuaian harga jual sejalan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah mulai Maret 2021 lalu?

Joni Gunawan, pebisnis mobil bekas di WTC Mangga Dua mengatakan saat ini untuk model Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pengurangannya tidak terlalu banyak, sekitar Rp 5 jutaan.

Sementara model lainnya cukup beragam, tergantung kondisi mobil dan dokumennya. Tapi bagi yang memiliki kocek Rp 80 jutaan, pilihan yang ada cukup banyak.

Baca juga: SE Larangan Mudik Terbit, Cuma 2 Perjalanan Ini yang Dikecualikan

Ilustrasi sewa Toyota Avanzajejakpiknik.com Ilustrasi sewa Toyota Avanza

Dilansir dari berbagai situs jual beli online, LMPV di kisaran tersebut ialah Nissan Grand Livina, Avanza, Xenia, serta Wuling Confero. Tapi, hanya khusus tahun produksi 2015-2016 saja.

Berikut harga mobil bekas LMPV Rp 80 jutaan per-April 2021;

- Nissan Grand Livina (2015): Rp 80 juta - Rp 105 juta
- Daihatsu Xenia (2015-2016): Rp 80 juta - Rp 150 juta
- Toyota Avanza (2015-2016): Rp 85 juta - Rp 110 juta
- Wuling Confero (2017): Rp 85 juta - Rp 120 juta



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X