Berikut Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Pati

Kompas.com - 25/03/2021, 13:02 WIB
 Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat Launching ETLE Nasional Tahap Pertama Youtube NTMC Polri Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat Launching ETLE Nasional Tahap Pertama

PATI, KOMPAS.com - Sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) resmi diluncurkan secara nasional pada 23 Maret 2021. Penerapan ini secara serentak dimulai di 12 Kepolisian Daerah seluruh Indonesia.

Total ada 244 titik yang menjadi lokasi kamera ETLE, yakni di Polda Metro Jaya sebanyak 98 titik, Polda Riau 5 titik, Polda Jawa Timur 55 titik, Polda Jawa Tengah 10 titik, Polda Sulawesi Selatan 16 titik, dan Polda Jawa Barat 21 titik, Polda Jambi 8 titik, Polda Sumatera Barat 10 titik, Polda DIY 4 titik, Polda Lampung 5 titik, Polda Sulawesi Utara 11 titik, dan Polda Banten 1 titik.

Baca juga: Ini Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Yogyakarta

Kabupaten Pati merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang menerapkan tilang elektronik nasional. Penggunaan tilang elektronik diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Lima helm polisi Polres Purbalingga yang telah dilengkapi kamera portabel KopekPolres Purbalingga Lima helm polisi Polres Purbalingga yang telah dilengkapi kamera portabel Kopek

Kasatlantas Polres Pati, AKP Maulana Ozar mengatakan, bahwa saat ini pemasangan kamera pengawas ada di empat lokasi yaitu, Perempatan Puri, Perempatan Delta, Perempatan depan Kantor Satlantas Pati, dan di Jalan Sunan Muria.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Rusak, Biaya Gantinya Rp 50 Jutaan

Kedepannya akan ada penambahan jumlah kamera pengawas secara bertahap sesuai dengan kebutuhan. Selain pemasangan kamera pengawas ETLE, Satlantas Polres pati juga akan memasang kamera pengawas yang terpasang di kendaraan patroli.

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada lima kendaraan patroli yang terpasang kamera portable penindakan pelanggaran kendaraan bermotor (Kopek).

Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).TRIBUNNEWS.com/JEPRIMA Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

“Untuk ETLE ini kita telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub). Seperti diketahui Dishub memiliki banyak kamera CCTV, kita gandeng untuk memaksimalkan,” kata Kasat Lantas Polres Pati AKP Maulana Ozar, dilansir dari NTMC Polri pada Rabu (24/03/2021).

Nantinya di sejumlah titik yang terpasang kamera pengawas akan terintegrasi dengan Traffic Managemen Center (TMC) kantor Satlantas Pati.

Baca juga: MotoGP 2021 Dimulai Pekan Ini, Cek Jadwal Balapannya

Pelanggar lalu lintas akan dikirimkan surat konfirmasi melaui pos. setelah dikirim surat konfirmasi, yang bersangkutan diharap segera melakukan konfirmasi.

Setelah terbukti melanggar, akan tertera besaran denda dilengkapi dengan barcode yang bisa discan dan membayar secara online.

Sejumlah kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di salah satu ruas jalan,  di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021). Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan penerapan tilang elektronik  atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional sebagai salah satu program prioritas dengan target penerapan tahap pertama dimulai pada Maret 2021 di 10 Polda dan tahap kedua Pada April 2021 di 12 Polda. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.ANTARA FOTO/ARNAS PADDA Sejumlah kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di salah satu ruas jalan, di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021). Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mencanangkan penerapan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) secara nasional sebagai salah satu program prioritas dengan target penerapan tahap pertama dimulai pada Maret 2021 di 10 Polda dan tahap kedua Pada April 2021 di 12 Polda. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/hp.

Untuk pelanggaran yang dapat terdeteksi oleh kamera pengawas sistem tilang elektronik antara lain :

Baca juga: Jangan Stut, Begini Cara Benar Derek Motor yang Mogok

Pelanggaran Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL)
Pelanggaran marka jalan
Pelanggaran jalur ganjil genap
Tidak mengenakan sabuk pengaman
Penggunaan ponsel saat berkendara
Pelanggaran batas kecepatan
Melawan arus
Penggunaan helm
Pembatasan kendaraan bermotor
Keabsahan STNK.
Kendaraan yang belum membayar pajak



Sumber NTMC Polri
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X