Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Mobil Listrik Rusak, Biaya Gantinya Rp 50 Jutaan

Kompas.com - 24/03/2021, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menerobos genangan air atau banjir bukanlah suatu langkah yang aman untuk dilakukan para pengemudi mobil, terutama untuk kendaraan bermotor listrik.

Sebab, jika melebihi batas wajar, siap-siap mengeluarkan kocek jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk melakukan perbaikan.

“Adapun biaya pergantian baterai, kalau dulu saya pernah ganti punya Toyota Camry Hybrid, sekitar Rp 50 jutaan. Jadi kurang lebih model lainnya segitu,” ujar Service Head Auto2000 Jayakarta Hendra Leksmono, belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Pebalap Tes Honda Lega Marc Marquez Absen di Qatar

Namun, Hendra melanjutkan untuk keputusan pergantian baterai tidak dilakukan begitu saja. Pihak Auto2000 harus melakukan pengecekan terlebih dahulu lewat beberapa tahap.

“Kalau mobil terendam sampai jok, sudah pasti baterai rusak karena posisi baterai mobil listrik berada di bawah bagasi. Tapi kalau belum sampai itu volume airnya, kita cek lagi,” katanya.

Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.Toyota Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.

Menurut Hendra, jika hanya satu cell yang rusak, berarti kemampuan baterainya masih di atas 85 persen dan masih bisa digunakan.

Meski begitu, tentu akan afa risikonya kalau salah satu bagian pada baterai kendaraan listrik rusak, yakni menurunnya usia pakai.

Baca juga: Vespa Primavera Picnic Edition Sudah Buka Pemesanan

“Terkait penanganan atau SOP kendaraan listrik yang terkena banjir, pertama kita lepas dahulu kabel tegangan tingginya. Seluruh aliran listrik dihentikan dahulu untuk kemudian dibersihkan. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan ulang pada jalur-jalur kabel,” kata Hendra.

Bila sudah selesai semua, diler akan melakukan tes kelaiakan menggunakan sistem komputer yakni GTS. Jika terbaca tidak ada masalah, baru mobil dinyalakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com