Kompas.com - 24/03/2021, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menerobos genangan air atau banjir bukanlah suatu langkah yang aman untuk dilakukan para pengemudi mobil, terutama untuk kendaraan bermotor listrik.

Sebab, jika melebihi batas wajar, siap-siap mengeluarkan kocek jutaan hingga puluhan juta rupiah untuk melakukan perbaikan.

“Adapun biaya pergantian baterai, kalau dulu saya pernah ganti punya Toyota Camry Hybrid, sekitar Rp 50 jutaan. Jadi kurang lebih model lainnya segitu,” ujar Service Head Auto2000 Jayakarta Hendra Leksmono, belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Pebalap Tes Honda Lega Marc Marquez Absen di Qatar

Namun, Hendra melanjutkan untuk keputusan pergantian baterai tidak dilakukan begitu saja. Pihak Auto2000 harus melakukan pengecekan terlebih dahulu lewat beberapa tahap.

“Kalau mobil terendam sampai jok, sudah pasti baterai rusak karena posisi baterai mobil listrik berada di bawah bagasi. Tapi kalau belum sampai itu volume airnya, kita cek lagi,” katanya.

Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.Toyota Sasis, baterai, motor listrik pada mobil listrik murni (BEV) Toyota, Lexus UX 300e.

Menurut Hendra, jika hanya satu cell yang rusak, berarti kemampuan baterainya masih di atas 85 persen dan masih bisa digunakan.

Meski begitu, tentu akan afa risikonya kalau salah satu bagian pada baterai kendaraan listrik rusak, yakni menurunnya usia pakai.

Baca juga: Vespa Primavera Picnic Edition Sudah Buka Pemesanan

“Terkait penanganan atau SOP kendaraan listrik yang terkena banjir, pertama kita lepas dahulu kabel tegangan tingginya. Seluruh aliran listrik dihentikan dahulu untuk kemudian dibersihkan. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan ulang pada jalur-jalur kabel,” kata Hendra.

Bila sudah selesai semua, diler akan melakukan tes kelaiakan menggunakan sistem komputer yakni GTS. Jika terbaca tidak ada masalah, baru mobil dinyalakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.