Maraknya Perampasan Sopir Truk di Wilayah Tanjung Priok

Kompas.com - 25/03/2021, 12:05 WIB
Potongan video perampas INSTAGRAM/ROMANSASOPIRTRUCKPotongan video perampas

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video yang diunggah pada akun Romansa Sopir Truck di Instagram memperlihatkan kejadian perampasan pada pengemudi truk. Berdasarkan keterangan di video, kejadian ini terjadi di Jalur Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pada kejadian ini terlihat dua orang perampas yang naik bahkan sampai memasukkan setengah badannya ke kabin truk. Terlihat mereka berhasil merampas telepon genggam milik pengemudi.

Melihat dari kolom komentar, kejadian serupa memang sering terjadi di daerah tersebut. Bahkan beberapa orang berkomentar kalau aksi ini sudah meresahkan dan merasa iba kepada sang pengemudi.

Baca juga: Ini Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Yogyakarta

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi kejadian ini, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY Bambang Widjanarko mengatakan, kalau perampas sudah sampai naik ke kabin, mereka bisa mengancam sopir untuk mengambil apa saja yang ada di dalamnya.

“Sulit rasanya mencegah kejadian seperti ini, sebab mereka beraksi tidak setiap saat dan tempatnya pun selalu berpindah-pindah,” ucap Bambang kepada Kompas.com, Kamis (25/3/2021).

Selain itu, ketika pengemudi di rampas barangnya, mereka memilih untuk pasrah dan tidak melaporkan aksinya. Jika hanya diambil barangnya, mereka sudah menganggap kalau kejadian tadi lebih ke risiko pekerjaan.

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Rusak, Biaya Gantinya Rp 50 Jutaan

“Mereka enggak mau lapor ke polisi karena tidak punya waktu lagi dan dianggap sudah menjadi risiko pekerjaannya. Kalau ada pengemudi yang dibacok atau dibunuh, baru ada laporan,” kata Bambang.

Namun Bambang tetap berharap ada tindakan dari polisi untuk mengatasi aksi perampasan di jalan. Misalnya ada patroli rutin yang menangkap para perampas ini, sehingga transportasi logistik bisa lebih aman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X