Baru Ada Satu Kamera ETLE yang Terpasang di Kabupaten Batang, Jateng

Kompas.com - 23/03/2021, 19:01 WIB
Polres Batang mengikuti acara peresmian ETLE Nasional Polres BatangPolres Batang mengikuti acara peresmian ETLE Nasional

BATANG, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah meresmikan launching tilang elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) nasional tahap 1 per tanggal 23 Maret 2021.

Dalam mendukung program tilang elektronik tersebut, Satlantas Polres Batang sedang dalam proses mengkaji titik-titik potensial untuk dipasang kamera CCTV ETLE.

"Untuk di Kabupaten Batang, posisi kamera ETLE berada di simpang empat Jalan Jenderal Sudirman. Saat ini baru satu kamera dan sudah dilengkapi sensor rotasi sehingga bisa berputar 360 derajat," kata Kasatlantas Polres Batang, AKP Adis Dani Garta seusai mengikuti acara launching ETLE di ruang Command Center Polres Batang, Selasa (23/3/2021).

AKP Adis Dani Garta lebih lanjut menjelaskan, saat ini Satlantas Polres Batang tengah melakukan pengkajian lebih dalam untuk menentukan titik mana saja yang efektif untuk diletakkan kamera ETLE.

Baca juga: Pemotor Pukul Petugas SPBU, Ingat Bahaya Main Ponsel Saat Isi Bensin

ETLE NasionalYoutube NTMC Polri ETLE Nasional

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk menentukannya kami butuh indeks data lalu dilakukan penelitian selama satu minggu ke depan," ungkapnya lebih lanjut.

Jika ada pelanggaran yang terekam kamera ETLE, maka nomor polisi kendaraan pelanggar akan langsung teridentifikasi. Setelah itu dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh tim yang bekerja di back office.

"Data kendaraan yang melanggar akan diverifikasi oleh petugas. Apabila sudah terverifikasi, petugas segera menerbitkan surat konfirmasi," kata AKP Adis Dani Garta lebih lanjut.

Surat konfirmasi akan dikirimkan ke alamat pelanggar selambat-lambatnya tiga hari setelah kejadian pelanggaran. Lalu pelanggar diberi waktu 14 hari untuk membayar denda melalui nomor rekening virtual account yang nantinya ikut dikirimkan.

AKP Adis Dani Garta berharap dengan adanya tilang elektronik ini, masyarakat Batang lebih disiplin berlalu lintas setiap saat meski sedang tidak ada personel yang bertugas di lapangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.