Ini Titik Pemasangan Kamera Tilang Elektronik di Solo

Kompas.com - 23/03/2021, 16:14 WIB
Kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau 'electronic traffic law enforcement' (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
  *** Local Caption *** 
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRAKamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau 'electronic traffic law enforcement' (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman - MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj. *** Local Caption ***
|

SOLO, KOMPAS.com - Penerapan sistem tilang elektronik nasional mulai berlaku, Selasa (23/3/2021). Tidak terkecuali di Solo, Jawa Tengah yang juga menerapkan sosialisasi tilang elektronik.

Sistem tilang elektronik atau Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) akan diberlakukan di Solo, Jawa Tengah mulai hari ini.

Para pengguna jalan yang melanggar aturan lalu lintas langsung bisa direkam dan dicatat melalui kamera pemantau.

Baca juga: Hari Ini 12 Polda Resmi Berlakukan Tilang Elektronik, Ini Lokasinya

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Adhytia Warman menjelaskan, uji coba mekanisme tilang elektronik sebenarnya sudah diterapkan tiga bulan terakhir.

Namun, mulai tanggal 23 Maret 2021, penerapan dengan surat konfirmasi tilang akan dilakukan.

Surat konfirmasi pelanggaran sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) telah dilengkapi kode barcode. RINDI NURIS VELAROSDELA Surat konfirmasi pelanggaran sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) telah dilengkapi kode barcode. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk penerapan akan kami lakukan pada tanggal 23 Maret ini, tapi nanti baru sosialisasi terlebih dahulu selama dua minggu," ucap Adhytia Warman kepada Kompas.com.

Sebelumnya, sudah ada satu kamera tilang elektronik aktif yang terpasang di simpang tiga Kerten, depan Solo Square Mall. Untuk rencana pemasangan kamera pengawas yang lainnya akan dipasang minggu ini.

Baca juga: Jasa Marga Tutup Sebagian Tol Jakarta-Cikampek hingga Jumat Ini

"Sudah ada empat titik baru yang rencananya akan dipasang kamera pengawas. Kemarin satu sudah dipasang di depan Solo Square Mall, kemudian yang dua lagi masih mencari tempat yang sesuai," kata Adhytia kepada kompas.com, Selasa (23/03/2021).

Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.Aprillio Akbar Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

Untuk kamera tilang elektronik di Solo sendiri rencananya akan ada tujuh kamera.

Satu kamera sudah dipasang di simpang Kerten depan Solo Square Mall, dua kamera masih mencari lokasi yang sesuai, dan empat kamera sudah ditetapkan lokasinya sebagai berikut:

Jl. Adi Sucipto, tepatnya di depan gedung DPRD Kota Surakarta

Jl. Slamet Riyadi, tepatnya depan rumah dinas Walikota Surakarta (Loji Gandrung)

Jl. Kolonel Sutarto, tepatnya di depan RSUD Moewardi

Jl. Letjen Suprapto, tepatnya simpang lima Sumber, Kecamatan Banjarsari Surakarta



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.