Kompas.com - 16/03/2021, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mengulas platform DNGA, kini Daihatsu mengenalkan sistem perpindahan gigi Continuously Variable Transmission alias CVT, yang bakal digunakan Rocky.

Seperti diketahui, hingga saat untuk pasar Indonesia, Daihatsu tak memiliki produk yang dilengkapi transmisi CVT. Semua masih mengusung sistem matik konvensional alias 4 AT.

Dengan demikian, Rocky bakal menjadi produk Daihatsu pertama yang dipasarkan di Tanah Air dengan CVT. Karena meski sebelumnya Copen sempat hadir, yang dipasarkan secara umum hanya transmisi manualnya saja.

Baca juga: Daihatsu Rocky Tepergok Lagi Tes di Lembang

Pada keterangan resmi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjelaskan bila transmisi CVT memiliki perbedaan yang cukup mendasar dengan transmisi otomatis konvesional, yakni soal mekanisme kerjanya.

SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019 SUV Baru Daihatsu yang digadang-gadang memiliki nama Rocky tampil di ajang Tokyo Motor Show 2019

Jika transmisi otomatis 4 AT sistem perpindahan gigi menggunakan planetary gear set, maka pada CVT menggunakan puli atau driven pulley dan sabuk baja sebagai komponen utama penggeraknya.

Transmisi CVT memiliki kemampuan melakukan perubahan rasio gigi menyesuaikan putaran mesin. Karena itu, CVT diklaim bisa memberikan sensasi berkendara yang lebih halus saat perpindahan kecepatan.

Kondisi itu pula yang membuat pengendara mobil bertransmisi CVT, rata-rata menganggap pergeseran transmisi cukup sangat halus sampai tak merasakan adanya perpindahan.

Baca juga: Jelang Peluncuran Rocky, Daihatsu Kenalkan Platform DNGA

Teknologi CVT juga membuat rentang rasio roda gigi diperpanjang pada sisi rendah dan tinggi, hingga memungkinkan akselerasi yang bertenaga dan mulus pada kecepatan rendah, kinerja yang hemat bahan bakar, dan senyap pada kecepatan tinggi.

Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway Test Drive Daihatsu Tanto di Fuji Speedway

Kelebihan lain, CVT bisa mentransfer tenaga dari mesin dengan lebih efektif, sehingga sedari putaran rendah pun sudah bisa mendapatkan tenaga yang cukup besar.

Untuk di Jepang, sebagian besar produk Daihatsu justru sudah menggunakan CVT, seperti Tanto, Move, Taft, Mira, Copen, Cast, dan Boon.

Namun khusus bagi Daihatsu Rocky yang diluncurkan pada November 2019 lalu, saat ini sudah mengusung teknologi Dual Mode CVT yang dikembangkan bersama platform DNGA dan mengadopsi teknologi roda gigi terpisah.

Baca juga: Toyota Raize Punya 6 Varian, Termasuk Mesin Turbo

Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019KOMPAS.com/STANLY RAVEL Daihatsu Rocky saat meluncur di Tokyo Motor Show 2019

Melalui Dual Mode CVT pada Rocky, Daihatsu mengklaim telah mengembangkan teknologi pertama di dunia yang menggabungkan penggerak sabuk dan penggerak roda gigi guna meningkatkan efisiensi transmisi, efisiensi bahan bakar, akselerasi lebih baik, dan lebih hening.

Selain itu, karakteristik pedal gas telah dioptimalkan untuk respons yang baik dari kecepatan rendah hingga tinggi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.