Agar Tidak Kena Tipu, Begini Cara Membedakan Pelek Asli dan Palsu

Kompas.com - 16/03/2021, 10:12 WIB
Macam-macam pelek mobil KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMacam-macam pelek mobil

SOLO, KOMPAS.com - Salah satu cara mudah mengubah tampilan mobil, yaitu mengganti pelek. Otomatis secara visual akan terlihat beda.

Untuk saat ini, berbagai jenis dan model pelek mobil banyak dijual di pasaran, mulai kualitas Original Equipment Manufacturer (OEM), asli impor, sampai yang replika juga ada.

Baca juga: Harga Xpander Bekas Setelah Ada Diskon PPnBM untuk Mobil Baru

Untuk itu sebagai konsumen harus paham bagaimana membedakan pelek mobil yang asli dengan tiruannya. Terkadang pelek replika menipu dengan bentuknya cukup bagus dan menarik, namun pembeli sendiri tidak tahu bagaimana kualitas dari barang tersebut.

Macam-macam pelek mobilKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Macam-macam pelek mobil
Triyanto, salah satu penjual pelek di Solo mengatakan bahwa, perbedaan antara pelek asli dengan yang palsu secara sekilas hampir sulit untuk diketahui.

Baca juga: Temuan Baru KNKT Soal Kecelakaan Bus di Sumedang, Rem Overheat

"Sebenarnya pelek asli atau palsu itu kalau sekilas memang hampir mirip. Tapi kalau dilihat lebih detail lagi akan kelihatan bedanya," kata Triyanto.

Penjual pelek itu mengatakan ada beberapa tips khusus yang dapat digunakan sebagai acuan dalam membedakan keaslian pelek.

Baca juga: Kondisi Pajero Sport di Pasar Mobkas, Harga Lebih Bertahan dari Kompetitor

Pelek mobil flow formingFoto: Istimewa Pelek mobil flow forming
Pertama jika dilihat pelek asli akan memiliki tanda khusus berupa emblem yang menggambarkan logo pabrikan. Ada juga untuk pelek yang memiliki edisi khusus pasti memiliki nomor dari edisi produksinya.

Kemudian keterangan mengenai pelek akan dicantumkan di bagian belakang. Asal pembuatan dari mana, ukuran lebar pelek dan diameter akan dituliskan.

Lihat juga detail dari cat dan juga emblemnya, pelek yang asli akan memiliki detail cat yang memiliki finishing bagus dan rapi.

Baca juga: Harga LMPV Bekas Setelah Diskon PPnBM, Avanza Mulai Rp 120 Jutaan, Confero Rp 90 Jutaan

Ditinjau dari harganya tentu saja pelek replika akan dijual lebih murah. Maka dari itu penting untuk melihat banderol pelek di situs resminya, karena di jaman modern seperti sekarang ini sudah banyak produsen yang memiliki web tersendiri.

Ilustrasi memilih pelek mobil bekasDok. Otomotif Group Ilustrasi memilih pelek mobil bekas
Sebagai gambaran, Triyanto menjelaskan untuk pelek asli dengan ring 15 inci dan 16 inci biasanya dijual Rp 3 jutaan sampai Rp 5 jutaan untuk yang standar. sedangkan replika bisa dijual Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 jutaan saja.

Baca juga: Mobil Mewah Kaisar Jepang Toyota Century, Dibuat Khusus dengan Tangan

Terakhir dilihat dari segi bobot peleknya. Biasanya yang asli akan memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan yang replika meskipun bentuknya sama.

Hal ini terjadi karena campuran material yang digunakan tidak sama. Pelek replika mengutamakan bentuk sedangkan yang asli memlertahankan bentuk dan kualitas.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X