Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Mulai Naik Signifikan Usai Ada Insentif PPnBM

Kompas.com - 14/03/2021, 17:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberian insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor baru di dalam negeri mulai membuahkan hasil baik dengan meningkatnya pesanan oleh sejumlah industri terkait.

Bahkan, pada model tertentu pertumbuhannya mencapai lebih dari 90 persen. Sehingga, diharapkan relaksasi yang berlaku 1 Maret 2021 ini dapat mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi.

Demikian djelaskan Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri usai berbincang dengan agen pemegang merek (APM) otomotif dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/3/2021).

Baca juga: Mobil Terlaris Februari, Avanza-Xpander Makin Ditinggal Brio

Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.TAM Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

“Sejak dikeluarkannya kebijakan ini beberapa hari lalu, perusahaan otomotif melaporkan peningkatan penjualan,” kata dia.

Lebih rinci, berdasarkan laporan PT Toyota Astra Motor (TAM) penjualan mobil Toyota yang mendapatkan insentif PPnBM mengalami peningkatan signifikan sampai 95-155 persen.

"Dari data 1-8 Maret 2021, untuk Avanza, Sienta, Rush, dan Yaris total surat pembelian kendaraan (SPK)-nya naik sekitar 94-155 persen kalau dibandingkan dengan SPK Februari di tanggal sama," ujar Anton Jimmy, Marketing Director TAM.

Sementara untuk Vios, yang mendapatkan diskon terbesar hingga Rp 65 juta imbas dari insentif ini, penjualannya naik lebih besar lagi karena sebelumnya permintaannya memang tidak banyak.

Adapun mengenai kondisi produksi dan stok kendaraan, Anton menyebut telah meminta pihak pabrik untuk kerap memenuhinya. Tapi tentu saja tak mudah menambah produksi dalam waktu singkat.

Baca juga: Daftar Mobil Hatchback Idaman Perempuan

Honda Brio Satya CVTKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda Brio Satya CVT

Hal serupa dinyatakan Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy yang mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan penjualan 40-50 persen untuk produk Honda.

“Khususnya untuk model yang mendapatkan insentif pajak, peningkatan naik lebih dari 60 persen dibanding seminggu pertama bulan Februari lalu, growth tertinggi ada di HRV 1,5 liter,” ucapnya.

Sedangkan Daihatsu mengaku mengalami peningkatan permintaan pada seluruh produk yang dipasarkannya, tak hanya yang mendapatkan insentif.

Untuk model yang mendapatkan insentif seperti Xenia, Terios, Luxio, dan Gran Max MB, SPK-nya melonjak sekitar 40 persen. Pada model lainnya, seperti Ayla, Sigra, Sirion, Gran Max PU, Gran Max Blindvan naik 20 persen.

“Untuk stok model yang mendapat insentif PPnBM khususnya di bulan-bulan periode relaksasi tersebut tentunya akan kami atur seoptimal mungkin agar seimbang antara demand dan supply yang ada,” kata Hendrayadi, Marketing and Customer Relation Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation.

Baca juga: Kenapa Wanita Cenderung Lebih Suka Hatchback?

Ilustrasi Daihatsu Indonesia. Ilustrasi Daihatsu Indonesia.

Untuk Mitsubishi, kendati tidak menyebut secara pasti besaran kenaikan yang terjadi, tapi dipastikan permintaan Xpander dan Xpander Cross membaik dibanding bulan sebelumnya.

“Jumlah SPK minggu pertama Maret 2021 terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk Xpander, jika dibandingkan periode yang sama di Februari 2021,” kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com