Kapan Mazda Jual Mobil Listrik untuk Pasar Indonesia?

Kompas.com - 10/03/2021, 10:22 WIB
Ilustrasi mobil listrik Mazda MX-30 mazda-press.comIlustrasi mobil listrik Mazda MX-30

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah merek otomotif telah memulai era elektrifikasi dengan memasarkan mobil-mobil hybrid hingga battery electric vehicle (BEV).

Walau demikian, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Tanah Air masih menunggu keputusan prinsipal untuk mendatangkan mobil listrik ke Indonesia.

Erik Pascanugraha, GM Operations PT EMI, mengatakan, pihaknya tentu membuka peluang mobil listrik dipasarkan di Indonesia. Namun, keputusan sepenuhnya berada di tangan Mazda Jepang.

Baca juga: Pengaruh PPnBM 0 Persen, Honda HR-V Banyak Dicari

Mazda MX-30 telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019carsales.com.au Mazda MX-30 telah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2019

“Untuk elektrifikasi saat ini, kita hanya bisa bilang bahwa kita sedang melakukan studi yang mendalam untuk mendatangkan mobil elektrik ke Indonesia,” ujar Erik dalam konferensi virtual, Selasa (9/3/2021).

“Baru sampai seperti itu yang kita bisa share, karena semua sedang digodok dan dimatangkan di headquarter Mazda di Jepang,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, Mazda Motor Corporation telah memperkenalkan salah satu mobil listrik, Mazda MX-30, dalam ajang Tokyo Motor Show 2019.

Baca juga: Rem Mendadak di Tol, Apakah Harus Menyalakan Lampu Hazard

Tampak belakang dari Mazda MX-30carsales.com.au Tampak belakang dari Mazda MX-30

Produk ini menjadi mobil listrik perdana yang diproduksi secara massal. Mazda MX-30 merupakan model generasi ketiga yang menawarkan cara-cara baru dalam berkendara.

Mobil ini dirancang dengan material ramah lingkungan seperti gabus dan kain yang terbuat dari bahan daur ulang. Mazda MX-30 juga mengadopsi freestyle doors 2 sehingga pengguna menemukan cara baru dan kreatif dalam berkendara.

Model ini juga mengadopsi teknologi penggerak listrik baru Mazda, e-Skyactiv, dan menggabungkan respons dengan karakter yang dinamis untuk mencapai kinerja yang dapat dinikmati pengemudi secara alami.

Baca juga: Tesla Tidak Batal Investasi di Indonesia, tetapi Bukan Bikin Pabrik Mobil

Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30Dieter Daniels/newmobility.news Ilustrasi pengecasan baterai mobil listrik Mazda MX-30

Bicara soal dapur pacu, MX-30 mengusung motor listrik berjenis AC Synchronous yang menghasilkan tenaga 140 tk dan torsi 265 Nm.

Berdasarkan klaim pabrikan, mobil ini mampu melakukan akselerasi 0-100 kpj dalam waktu 9,7 detik dengan kecepatan maksimal di 140 kpj.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.