Jangan Sembarang Pasang Holder Ponsel pada Kaca Mobil

Kompas.com - 09/03/2021, 11:02 WIB
Tren GPS tambahan pada mobil mulai menurun akibat maraknya penggunaan smartphone. thrumylens.orgTren GPS tambahan pada mobil mulai menurun akibat maraknya penggunaan smartphone.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren penggunaan holder ponsel di mobil semakin meningkat. Biasanya holder ponsel atau Handphone (HP) ini dipasang guna memudahkan pengemudi untuk melihat GPS atau peta dalam perjalanan.

Penggunaan holder ponsel juga dinilai lebih aman ketimbang pegemudi memegang sendiri ponsel sambil mengendalikan kendaraan.

Namun, tidak sedikit pemilik mobil yang memasang holder ponsel tanpa pertimbangan matang. Pasalnya, justru bisa merugikan salah satunnya merusak kaca film.

Baca juga: Begini Cara Membedakan Material Pelek Mobil                           

Martin, Owner Authorized 3M Dealer mengatakan, pemilik mobil sebaiknya tidak menempatkan holder ponsel pada kaca film bagian depan.

Holder ponsel itu pakai sistem vacuum agar bisa menempel. Kalau digunakan dalam jangka waktu yang panjang bisa menarik kaca film sehingga mengkerut,” ujar Martin saat dihubungi Kompas.com (6/3/2021).

Kaca film V-KoolV-Kool Kaca film V-Kool

Menurut Martin, untuk kaca film bagian depan yang sudah rusak, sangat riskan buat pengemudi karena bisa mengganggu visibilitas saat berkendara.

Baca juga: Musim Hujan Belum Selesai, Hindari Pemakaian Jas Hujan Ponco              

Martin menyarankan, pemilik mobil sebaiknya menaruh holder ponsel pada dasbor tengah atau bisa diletakkan di kisi-kisi AC paling dekat dengan pengemudi untuk holder ponsel dengan model pengait. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengemudi saat mengakses smarthphone ketika sedang dibutuhkan.

Namun harus dipastikan, penempatannya jangan sampai mengganggu pengoperasian head unit mobil.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X