Begini Cara Membedakan Material Pelek Mobil

Kompas.com - 08/03/2021, 20:23 WIB
pelek mobil KOMPAS.com/Aprida Mega Nandapelek mobil

JAKARTA, KOMPAS.comPelek merupakan piranti yang punya peran penting dalam mobil. Oleh sebab itu, dalam memilih pelek aftermarket, tidak boleh sembarangan karena harus tahu kualitas dan materialnya.

Menurut Aldhy Rais, Community Manager HSR Wheel, berdasarkan cara pembuatannya, maka pada dasarnya pelek mobil terbagi menjadi tiga jenis, yakni casting, flow forming, dan forged. Berikut perbedaan ketiga jenis material pelek itu.

Sesuai namanya pelek casting dibuat dengan cara dicetak. Proses pembuatannya dibagi menjadi dua, yaitu gravity casting dan low presure casting.

Baca juga: Kasus Puluhan Mobil Hajar Lubang di Tol, Kenapa Pelek Bisa Pecah?

Pembuatan pelek casting ialah dengan melelehkan material menjadi cairan. Material tersebut dituang ke cetakan yang sudah dibentuk. Biaya produksi lebih murah dan waktu pembuatan lebih singkat.

Toko baru pelek HSRDOK. HSR WHEELS Toko baru pelek HSR

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selanjutnya, flow forming merupakan salah satu pengembangan dari jenis casting. Pelek ini dibuat melalui beberapa tahap, dimulai proses cetak kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan mesin sehingga menjadi sebuah pelek.

Terakhir, Forged yang menggunakan bahan berbentuk silinder padat. Material yang biasa digunakan adalah alumunium, karena kuat dan ringan sehingga cocok untuk bahan pembuatan pelek.

Cara pembuatannya yaitu, alumunium padat tersebut dimasukkan ke dalam mesin dan dipanaskan kemudian dibentuk jadi pelek.

Lomba Desain

HSR Wheel RAI-S2KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda HSR Wheel RAI-S2

Demi menghadirkan sebuah desain yang keren dan spesial untuk Mazda Miata milik Fitra Eri, HSR dan Fitra Eri menyelenggarakan lomba desain untuk pelek tersebut. Perlombaan ini akan digelar selama satu pekan, mulai 8 – 14 Maret 2021.

Kriteria desain velg yang diinginkan oleh Fitra Eri adalah desain sporty berbalut elegan. Selain itu, diharapkan ada unsur Mature atau Dewasa di dalamnya.

“Mazda Miata milik Fitra Eri hanya ada satu di Indonesia. Jadi, kita akan buatkan pelek yang hanya akan ada 1 desain untuk mobil tersebut,” ucap Aldhy.

Urusan desain tidak secara langsung digarap oleh Fitra Eri. “Sayang, saya tidak jago untuk urusan desain. Oleh karena itu saya akan minta dari para penonton atau audience saya,” ucap Fitra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.