Kompas.com - 09/03/2021, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan sepeda motor di Indonesia dikuasai oleh skuter otomatik (skutik), terutama untuk kelas entry level alias skutik segmen bawah.

Nama-nama seperti Honda Beat, Yamaha Mio dan Suzuki Nex II merupakan model yang banyak dicari konsumen. Termasuk di bursa motor bekas skutik pun tidak pernah surut.

Baca juga: Begini Cara Membedakan Material Pelek Mobil

Para pencari skutik bekas tetap banyak meski pabrikan motor terus mengelontorkan model baru dan tahun lebih muda.

Yamaha Mio M3KOMPAS.com/Gilang Yamaha Mio M3

 

Darwin Danubrata, dari Songsi Motor di daerah Jagakarsa, Jakarta Selatan, mengatakan, meski ada pandemi Covid-19, penjualan skutik terutama kelas bawah masih cukup baik.

“Mungkin karena masyarakat masih takut tertular virus kalau naik kendaraan umum, makanya mereka beralih untuk membeli kendaraan pribadi namun dengan harga terjangkau,” ujar Darwin saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Banyak yang Belum Paham Perbedaan Mobil BEV, HEV dan PHEV

Skutik entry level banyak dicari sebab harga masih cukup terjangkau. Tinggal mencari tahun dan model yang sesuai kantung.

Darwin mengatakan, saat ini skutik sekelas Honda Beat yang paling laku. Dengan modal Rp 7 juta sudah bisa bawa pulang dengan kondisi bagus.

"Ada juga yang harganya lebih murah atau lebih mahal, tergantung dari tahun dan kondisinya,” kata Darwin.

Spacy 2011 - Rp 5,9 juta
BeAT FI 2018 - Rp 6,5 juta
Mio GT 2014 - Rp 5,4 juta
Mio M3 2018 - Rp 6,8 juta
Spin 125 2010 - Rp 5,3 juta
Skywave Night Rider 2009 - Rp 5,6 juta
Skywave 2011 - Rp 6 juta
Nex FI 2014 - Rp 6,3 juta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.