Musim Hujan Belum Selesai, Hindari Pemakaian Jas Hujan Ponco

Kompas.com - 08/03/2021, 19:21 WIB
Jas hujan ponco Foto: GridOto.comJas hujan ponco

SOLO, KOMPAS.com - Musim hujan belum selesai. Di beberapa wilayah seperti di Solo, Jawa Tengah dan sekitarnya hujan masih mengguyur hampir tiap hari.

Sebagai pengendara motor, jas hujan menjadi perlengkapan yang wajib ada setiap musim hujan. Jas hujan berfungsi menjaga pengendara agar tidak basah.

Pemilihan tipe jas hujan yang akan digunakan menjadi sangat penting. Pasalnya, salah memilih tipe jas hujan untuk berkendara dapat beresiko pada kecelakaan.

Sebagian masyarakat masih memilih jas hujan tipe ponco untuk dikenakan ketika berkendara pada saat hujan.

Selain desainnya yang praktis untuk dikenakan, jas hujan ponco juga dapat digunakan saat berboncengan.

Baca juga: Daftar Harga Yamaha Nmax di Bursa Motor Bekas Solo Raya

Pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan ponco menutupi lampu rem dan sen.Kompas.com/Unoviana Kartika Pengendara sepeda motor yang menggunakan jas hujan ponco menutupi lampu rem dan sen.

Namun di balik praktisnya penggunaan jas hujan ponco, terdapat risiko kecelakaan yang dapat terjadi.

Pertama, ujung bawah jas hujan ponco riskan untuk tersangkut pada roda belakang. Selain itu, jika motor yang dikendarai tidak dilengkapi dengan penutup rantai, maka ujung jas hujan ponco juga berisiko tersangkut pada gir belakang dan rantai.

Kedua, saat jas hujan ponco berkibar tertiup angin beresiko untuk tersangkut pengendara lain yang berada di dekatnya.

Selanjutnya, jas hujan ponco dapat menutupi lampu sein belakang dan lampu rem. Hal ini akan menyulitkan pengendara lain di belakangnya.

Jas hujan ponco.Gojaylicious Jas hujan ponco.

Baca juga: Perang Harga Bus AKAP Kelas Eksekutif Solo-Jakarta, Mulai Rp 200.000

Agus Sani selaku Head of Safety Riding Promotion di Safety Riding Center Wahana menjelaskan, bahwa sangat tidak disarankan memakai jas hujan ponco saat berkendara sepeda motor.

"Ujung jas hujan ponco dapat tersangkut pada gir belakang dan menyebabkan pengendara terjatuh. Jas hujan ponco juga rawan tersangkut ke pengendara lain di sisi kanan dan kirinya. Selain itu, dapat pula tersangkut pada tali-tali pengait pada mobil barang atau mobil bak terbuka," jelas Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (8/3/2021),.

Agus Sani menyarankan lebih baik menggunakan jas hujan model atasan dan bawahan demi alasan keamanan dalam berkendara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X