Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalankan Prokes Lengkap, Sentul Gelar Drag Race dengan Jumlah Peserta Fantastis

Kompas.com - 08/03/2021, 15:00 WIB
Aris F Harvenda

Editor

Bogor, KOMPAS.com - Setelah vakum hampir setahun, Sentul akhirnya kembali menggelar ajang drag race bertema Sentul Drag Fest 2021, 6-7 Maret 2021, dengan prokes lengkap dan ketat sesuai ketentuan dari satgas Covid-19.

Gelaran ini ternyata mendapat respon sangat positif dari para penggiat motorsport Tanah Air. Hal tersebut terbukti dengan peserta yang mendaftar hingga 627 starter.

Baca juga: Buntut Biker Vs Paspampres, Ratusan Motor Terjaring Razia di Monas

"Penyelenggaraan drag race kali ini memang terbilang cukup mendadak, namun hal ini tentunya bisa berjalan setelah mendapat izin dari kepala gugus tugas Covid-19 sekaligus Bupati Bogor Ibu Adi Yasin. Dalam pelaksanaannya pun kami tetap mengedepankan prokes ketat. Mulai dari proses pendaftaran, scrutineering, saat lomba, dan penyerahan piala. Terus terang saya juga tidak menyangka animonya cukup baik dan peserta sampai 627 starter. Itu sudah kita batasi loh," ujar General Manager Sentul International Sirkuit Lola Moenek, kepada Kompas.com, Minggu (7/3/2021) di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Pebalap Sentul Drag Fest 2021 sedang bersiap di belakang garis startBayu S/Perfourm.com Pebalap Sentul Drag Fest 2021 sedang bersiap di belakang garis start

Tanpa selebrasi

Sentul kali ini benar-benar mengawal kepercayaan yang diberikan gugus tugas Covid-19 dengan sebaik-baiknya. Ada beberapa hal yang terlihat berbeda pada saat pelaksanaan drag race kali ini.

Proses pendaftaran dibuat berjarak antara peserta dan panitia menggunakan mika sebagai sekat. Areanya pun dibuat terpisah dari biasanya dan berada di ruang terbuka.

Baca juga: Dapat Surat Tilang Elektronik tetapi Tak Melanggar, Ini yang Harus Dilakukan

Pada event kali ini tidak ada selebrasi kemenangan atau pembagian piala di podium untuk menghindari kerumunan. Pemenang tiap kategori akan diumumkan melalui WhatsApp atau papan pengumuman, lalu mereka diminta untuk hadir ke ruang panitia untuk mengambil tropi.

Panitia juga menyediakan podium untuk mereka mengabadikan kemenangannya.

Pembawa acara secara berkala mengingatkan prokes yang harus dijalankan tentunya dengan pengawasan pihak keamanan.

Nirwana Abilhagsa, pebalap asal Lampung yang ikut serta dalam Sentul Drag Fest 2021, Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, (7/3/2021)Bayu S/Perfourm.com Nirwana Abilhagsa, pebalap asal Lampung yang ikut serta dalam Sentul Drag Fest 2021, Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, (7/3/2021)

Peserta daerah

Animo yang besar hingga 627 starter pada gelaran drag race kali ini tak hanya diikuti penggiat olahraga otomotif di Jabodetabek. Panitia mencatat ada peserta dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Sulawesi dan Kalimantan.

Baca juga: Catat, Ini 5 Pelanggaran dan Sanksi yang Diincar Tilang Elektronik

"Udah gatel pengen ngegas di sirkuit. Lagi pula di Sentul ini kan kiblatnya motorsport Tanah Air, jadi kalau belum turun di sini belum afdol. Apalagi kalau naik podium, gengsinya lebih kerena lagi," kata Nirwana Abilhagsa, pebalap B16 AP Speed x 1313 Mesuji asal Lampung.

Event kali ini panitia menggelar 22 kategori yang dipertandingkan. Pelaksanaan balap sempat terhenti karena diguyur hujan.

Beruntung hujan tak berlangsung lama hingga panitia bisa kembali melanjutkan pertandingan.

Rencananya Sentul akan kembali menggelar DRag Fest 2021 seri kedua pada 26-27 Juni 2021.

General Manager Sirkuit Sentul Lola Moenekkompas.com General Manager Sirkuit Sentul Lola Moenek

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com