Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sama-sama Sporty, Adu Desain Honda Jazz dan City Hatchback RS

Kompas.com - 08/03/2021, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi mengumumkan telah menghentikan produksi salah satu produk hatchback legendarisnya yakni Honda Jazz.

Jazz sempat menjadi salah satu produk unggulan Honda itu diketahui sudah mengaspal selama 18 tahun.

Namun, PT HPM memutuskan untuk menggantikan Honda Jazz dengan Honda City Hatchback RS yang baru saja diluncurkan pada Rabu (3/3/2021).

Baca juga: Pilihan Truk Tiga Sumbu Roda yang Cocok di Jalan Berliku dan Menanjak

Bila membahas soal tampilannya, ada perbedaan signifikan di antara keduanya. Honda City Hatchback RS mengusung konsep “Elevate Yout Move”.

City hatchback mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ciri khas model City sekaligus karakter hatchback Honda.

Sebagai penerus Honda Jazz, City Hatchback RS ini punya desain yang lebih sporty lantaran hadir dengan atap rendah dan bagian depan bodi yang lebih panjang.

Honda City HatchbackDok. HPM Honda City Hatchback

Di atas kertas, mobil ini juga lebih bongsor dibanding Jazz. Spesifikasi dimensinya, memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.749 mm, dan tinggi 1.488 mm dengan jarak sumbu roda 2.600mm.

Sedangkan Honda Jazz memiliki dimensi Panjang 3.955 mm x lebar 1.694 mm x tinggi 1.524 mm, dan jarak sumbu roda 2.530 mm.

Honda City Hatchback RS menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat dan desain lampu terkini dengan Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars.

Honda City Hatchback resmi meluncur di Indonesia.Dok. HPM Honda City Hatchback resmi meluncur di Indonesia.

Selain itu, warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna, dan 16 inci Sporty Alloy Wheels yang memiliki aksen warna hitam yang semakin menambah karakter sporty pada mobil ini.

Uniknya, kombinasi aerokit dan bumper pada Honda City Hatchback RS diklaim telah dikembangkan melalui pengujian pada terowongan angin oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang yang juga mengembangkan Formula-1 untuk tingkat aerodinamika yang lebih baik.

Penyegaran terjadi utamanya pada desain bemper, lampu utama, dan beberapa sentuhan kelir baru.Donny A/KompasOtomotif Penyegaran terjadi utamanya pada desain bemper, lampu utama, dan beberapa sentuhan kelir baru.

Sedangkan untuk Honda Jazz, sejak meluncur 2003 hingga berhenti produksi pada 2021, Honda Jazz sebenarnya tidak terlalu banyak mengalami ubahan, tetap mengusung desain hatchback sporty yang timeless.

Perubahan hanya ada pada gril, bumper, dan tail-light, serta velg 16 inci.

Baca juga: Pilihan Truk Tiga Sumbu Roda yang Cocok di Jalan Berliku dan Menanjak

Pada generasi terakhir Honda Jazz yang diluncurkan pada tahun 2017 yakni Honda Jazz RS sudah mendapat facelift yang menerapkan gaya desain, dengan mengedepankan konsep hatchback yang lebih agresif, dan gagah guna mendongkrak aura sporty yang lebih kental.

New Honda Jazz terbaru hadir dengan beberapa ubahanOtomania New Honda Jazz terbaru hadir dengan beberapa ubahan

Lekukan bodi dibuat agresif, dan tampilan yang modern. Pada sektor penerangan juga sudah mengusung projektor, dilengkapi DRL LED untuk tipe tertingginya, lalu gril menggunakan sejenis mika berwarna hitam glossy dengan garnis krom sebagai pemanis.

Sama seperti model sebelumnya, model tangkai spion yang terdapat di pintu, dan kaca kecil pada sisi pilar A juga masih disematkan.

Sementara untuk peleknya menggunakan model dual tone perpaduan silver hitam ukuran 16 inci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com