Pengaspalan Sirkuit Mandalika Ditarget Rampung Mei 2021

Kompas.com - 04/03/2021, 16:21 WIB
Lintasan balap untuk event Indonesian Grand Prix atau IndonesianGP di kawasan The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai diaspal, Jumat (26/02/2021). ITDCLintasan balap untuk event Indonesian Grand Prix atau IndonesianGP di kawasan The Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai diaspal, Jumat (26/02/2021).
|

LOMBOK, KOMPAS.com - Setelah pemasangan drainase serta concrete barrier yang sedang berjalan, tim pengembang juga mulai melakukan pengaspalan Sirkuit Mandalika.

Pihak MGPA mengabarkan, pengaspalan lapisan pertama mulai dilakukan pada akhir Februari 2021, di Jalan Kawasan Khusus (JKK) yang akan menjadi sirkuit jalan raya Mandalika.

Baca juga: Bo Bendsneyder Tak Sabar Ingin Balapan di Sirkuit Mandalika

"Pada Jumat (26/02) waktu setempat telah dilakukan seremonial pengaspalan lapisan AC-Base (Lapisan Pertama) di proyek Jalan Kawasan Khusus (Mandalika International Street Circuit)," tulis MGPA dalam akun resmi Instagram, dikutip Kamis (4/3/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MGPA Official #IndonesianGP (@themandalikagp)

 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengaspalan lapisan pertama AC-Base ini akan dilakukan hingga Maret 2021 dengan target pengaspalan sepanjang 390 meter.

Aspal yang digunakan ialah aggregate lokal yang dicampur dengan produk Shell Cariphalte, yang juga digunakan di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Sirkuit Sepang, Malaysia dan Sirkuit Fiorano, Italia.

 "Setelah pengaspalan lapisan pertama (AC-Base), pengaspalan pun dilanjut ke lapisan kedua (AC-Binder) dan lapisan terakhir (Surface SMA) yang ditargetkan rampung pada pertengahan Mei 2021," tulis MGPA.

Baca juga: Dorna Sport Inspeksi Akhir Maret, Cek Kesiapan Sirkuit Mandalika

Trek lurus Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, yang memiliki panjang 700 meter dan lebar 15 meter. Hamparan krikil telah dipadatkan dan siap dilakukan pengaspalan pada Januari 2021.KOMPAS.com/FITRI R Trek lurus Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, yang memiliki panjang 700 meter dan lebar 15 meter. Hamparan krikil telah dipadatkan dan siap dilakukan pengaspalan pada Januari 2021.

Proses pengaspalan akan dilakukan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebagai mitra PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ITDC dengan supervisi penuh Direktorat Pengembangan dan Konstruksi MGPA.

Alat yang digunakan selama pengaspalan adalah Asphalt Mixing Plant (AMP) yang sesuai dengan standar homologasi FIM, begitupun dengan aspal yang digunakan.

AMP yang digunakan adalah Lintec seri CSD 3000 yang memiliki kapasitas 240 ton per jam.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X