BMW Motorrad Siapkan R18 Versi Lebih Kecil

Kompas.com - 01/03/2021, 15:21 WIB
BMW R18 First Edition KOMPAS.com/GilangBMW R18 First Edition
|

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad disebut bakal makin serius di segmen motor cruiser. Pabrikan asal Jerman itu sedang mempersiapkan versi lebih kecil BMW R18.

BMW dikabarkan akan membuat motor serupa R18 tapi dengan mesin lebih kecil. Kabar menyebut bahwa motor itu akan mengusung jantung 1.200cc bernama R12.

Baca juga: Harga Wuling Confero S Jadi Lebih Murah Rp 11 Juta

Mengutip Visordown, mesin 1.200cc sudah terbukti tangguh. Lebih efisien dan ringkas, jika diproduksi pun masih cukup besar untuk ukuran motor penjelajah.

BMW R18 Ariel NoahFoto: BMW Motorrad/Pandu BMW R18 Ariel Noah

Penggunaan mesin yang lebih kecil juga membuat motor lebih mudah dikendarai. Sebab R18 adalah motor yang besar, panjang, lebar, dan cukup berat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kalau pakai mesin yang lebih kecil, maka bobot lebih ringan dan lebih kompak. Selain itu pakai mesin 1.200cc juga membuatnya bersaing di pasar yang lebih luas.

Baca juga: Daftar Motor Baru Februari 2021, Dari PCX 160 Sampai W175 SE

Secara bisnis harganya juga bakal lebih murah dari R18, sehingga membuka pasar baru.

Saat ini sebetulnya sudah banyak model BMW yang memakai mesin 1.200cc seperti BMW GS. Sehingga bukan tidak mungkin rencana ini bakal diteruskan oleh BMW.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.