PPMKI Nilai Wacana Pembatasan Mobil 10 Tahun ke Atas Salah Alamat

Kompas.com - 26/02/2021, 17:11 WIB
Telkomsel IIMS 2019 juga dimeriahkan pameran mobil-mobil klasik. KOMPAS.com/GilangTelkomsel IIMS 2019 juga dimeriahkan pameran mobil-mobil klasik.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Rencana pembatasan mobil berusia 10 tahun ke atas untuk beroperasi di DKI Jakarta ramai dibicarakan publik walaupun belum bergulir. Wacana ini pun tengah menjadi buah bibir di kalangan pecinta otomotif.

Ronny Arifudin, Ketua Umum Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), mengatakan, untuk alasan mengurangi polusi dalam rangka kesehatan tentu ia mendukung program pemerintah.

“Tapi kalau mobil kuno dianggap mencemari lingkungan saya rasa salah alamat, karena mobil-mobil kami tidak dipakai sebagai operasional, tidak keluar setiap hari,” ujar Ronny, kepada Kompas.com (26/2/2021).

Baca juga: Aturan Mobil 10 Tahun ke Atas Dilarang Masuk Jakarta Sedang Disiapkan

Deretan mobil retro yang meramaikan pameran Classic for The Young Generation yang diadakan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di Maxxbox Lippo Village, Tangerang, Sabtu (31/3/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan mobil retro yang meramaikan pameran Classic for The Young Generation yang diadakan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) di Maxxbox Lippo Village, Tangerang, Sabtu (31/3/2018).

“Anggota kami di Jakarta kurang lebih 10.000 member, yang aktif pun hanya 30 persen. Kontribusinya tidak besar, jadi saya rasa sasarannya bukan kami,” kata dia.

Ronny juga menjelaskan, PPMKI merupakan wadah bagi mobil-mobil kuno yang diproduksi sebelum tahun 1978.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Banyak di antaranya merupakan mobil-mobil bersejarah seperti mobil eks Indonesia-1 pada masanya, mobil-mobil eks perang dunia, hingga mobil langka lainnya.

“Jadi tujuan kami sebetulnya melestarikan sejarah, kalau ada event baru turun ke jalan, jadi kondisinya seperti itu,” ucap Ronny.

Baca juga: Aturan Mobil 10 Tahun ke Atas, IMI Minta Jangan Dilarang tapi Diatur

Corvette Sting Ray yang dibawa PPMKI curi perhatian di Telkomsel IIMS 2019.Kompas.com/Donny Corvette Sting Ray yang dibawa PPMKI curi perhatian di Telkomsel IIMS 2019.

“Tentunya kalau pemerintah melarang, kami ingin dikasih privilege untuk dikasih jalan misalnya Sabtu-Minggu, atau dikasih pengecualian. Kami juga ingin diberi ruang,” tuturnya.

Ia menambahkan, mobil kuno terkenal dengan kapasitas mesin besar dan usia yang sudah tidak muda, tentu menghasilkan emisi gas buang yang tinggi.

Sejauh ini PPMKI berupaya agar para pemilik selalu menjaga dan merawat mobil, dengan setelan-setelan yang sesuai agar emisi bisa lebih ditekan.

“Kami justru berharap dilindungi pemerintah, karena berkontribusi melindungi aset bersejarah. Di Inggris seperti itu, mereka masih diperbolehkan jalan, pajaknya malah digratiskan tapi hanya keluar hari tertentu saja,” kata Ronny.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X