Pedagang Mobil Bekas Dukung Aturan Mobil 10 Tahun ke Atas

Kompas.com - 26/02/2021, 15:50 WIB
Pengunjung mengamati mobil bekas yang dipamerkan pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Bazar yang diikuti puluhan showroom mobil bekas di Surabaya dan Sidoarjo tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye/17 *** Local Caption ***  ANTARA FOTO/ZABUR KARURUPengunjung mengamati mobil bekas yang dipamerkan pada ajang Bazaar Mobil Bekas di JX International Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (9/8/2017). Bazar yang diikuti puluhan showroom mobil bekas di Surabaya dan Sidoarjo tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya beli dan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/kye/17 *** Local Caption ***

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pembatasan mobil berusia 10 tahun ke atas untuk beroperasi di wilayah DKI Jakarta mendapat sinyal dukungan dari kalangan pedagang mobil bekas.

Andi, pemilik usaha jual beli mobil bekas Jordy Mobil di MGK Kemayoran mengatakan, regulasi tersebut bisa mendukung penjualan mobil bekas asal aturannya jelas.

Baca juga: Aturan Mobil 10 Tahun ke Atas, IMI Minta Jangan Dilarang tapi Diatur     

“Kalau saya mendukung saja peraturan yang diputuskan oleh pemerintah. Asal dikaji dengan benar dan jangan hanya wacana-wacana saja yang digulirkan, karena hal itu bisa membuat dunia usaha jadi kacau,” kata Andi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Menurut Andi, jika nantinya aturan tersebut benar-benar akan diberlakukan, tidak akan begitu berpengaruh pada penjualan mobil bekas di Jakarta.

Mobil bekas di WTC Mangga DuaKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Mobil bekas di WTC Mangga Dua

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Aturan tersebut pasti akan berpengaruh tapi tidak banyak. Karena di tempat saya, main mobilnya kurang lebih 10 tahun ke bawah. Biasanya, mobil tua atau berusia yang lebih dari 20 tahun bisa berpindah ke daerah yang pergerakan kendaraannya belum padat,” kata Andi.

Baca juga: Soal Aturan Mobil 10 Tahun, Harusnya Tetap Berdasarkan Uji Emisi

Di pasar mobil bekas, mobil berusia lebih dari 20 tahun juga kelebihannya sudah terbatas yang bisa dimanfaatkan oleh konsumen.

Pasalnya, dinilai dari kepimilikan dan perawatan membutuhkan biaya yang sangat besar sehingga bisa merugikan konsumen di kemudian hari.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X