Jangan Tertipu, Begini Cara Kenali Motor Bekas Korban Banjir

Kompas.com - 24/02/2021, 10:02 WIB
Deretan motor bekas yang dipajang di salah satu diler kawasan Jatibening, Jakarta Timur. KompasOtomotif-Donny AprilianandaDeretan motor bekas yang dipajang di salah satu diler kawasan Jatibening, Jakarta Timur.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bencana banjir yang terjadi Sabtu (20/2/2021) lalu membuat beberapa kendaraan rusak akibat terendam genangan air.

Tidak sedikit pemilik kendaraan yang memutuskan segera menjual sepeda motornya. Sebab, motor yang rusak karena terendam banjir membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Baca juga: Antisipasi Banjir, Perhatikan Kembali Tempat Parkir Mobil

Salah satu yang wajib diwaspadai adalah tawaran motor bekas banjir dari para pedagang motor bekas.

Darwin Danubrata, pemilik diler Songsi Motor di daerah Jagakarsa Jakarta Selatan mengatakan, berbeda dengan mobil, untuk motor sedikit lebih sulit untuk mendeteksi apakah pernah terendam banjir.

“Paling tidak kita harus lebih berhati-hati. Kalau ada yang jual motor ke kita, harus cek sampai bagian kolong, apakah ada bekas lumpur atau bekas banjir,” kata Darwin belum lama ini kepada Kompas.com.

Motor terabas banjirFoto: Kaskus Motor terabas banjir

Menurut Darwin, motor yang terendam banjir, bekas lumpurnya tidak bisa hilang dengan mudah jika dicuci dengan sabun.

Baca juga: Tips Aman Sepeda Motor Sebelum dan Sesudah Terobos Banjir    

“Sedangkan, orang kalau mencuci motor biasanya tidak begitu memperhatikan bagian kolongnya. Termasuk juga dengan bagian mesin yang tertutup bodi. Bagian tersebut sulit dicuci, jadi bisa dilihat dari situ,” ucap Darwin.              

Selain itu, bisa dilihat juga dari reflektor lampunya. Sebab, untuk bagian dalam lampu tidak bisa dilap, kecuali diganti dengan yang baru.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X