Tips Aman Sepeda Motor Sebelum dan Sesudah Terobos Banjir

Kompas.com - 23/02/2021, 19:21 WIB
Motor terobos banjir Dok. YIMMMotor terobos banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang melanda berbagai wilayah di Indonesia belakangan ini sangat merepotkan. Untuk itu, para pengendara sepeda motor harus meningkatkan kewaspadaannya dalam menghadapi kondisi tersebut.

M.Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manfacturing (YIMM), mengatakan, curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini sehingga menyebabkan banjir di berbagai wilayah di Indonesia, membuat pengendara motor perlu berhati-hati saat berkendara dalam kondisi banjir.

Baca juga: Ini yang Wajib Diwaspadai Saat Berkendara di Musim Hujan dan Banjir

:Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kami memberikan beberapa tips agar sepeda motor tetap terjaga kala menghadapi kondisi banjir,” ujar Abidin, dalam keterangan resminya, Selasa (23/2/2021).

Motor terobos banjirDok. YIMM Motor terobos banjir

Berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan pengendara sepeda motor sebelum dan sesudah menerobos menghadapi banjir :

1. Mengetahui Medan dan Kondisi Jalan

Jika air banjir sudah melebihi knalpot atau saringan udara, maka sebaiknya tidak melewati jalan tersebut.

Apalagi di jalan yang akan dilewati terdapat selokan atau jalan berlubang, air banjir bisa masuk knalpot atau saringan udara. Untuk itu, kenali medan jalan agar bisa menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi.

2. Ketahui Batas Aman Motor dan Teknik Lewati Banjir

Jika terpaksa harus melewati jalanan yang kebanjiran, pastikan ketinggian air masih di bawah knalpot atau saringan udara, lakukan gas motor yang konstan.

Jangan tutup gas, karena bisa menyebabkan air menutup atau masuk knalpot sehingga mesin motor bisa mati.

Baca juga: Pertolongan Pertama Vespa Matik yang Terendam Banjir

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X