Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Unik Simpan Motor Agar Tidak Kena Banjir, Apakah Efektif?

Kompas.com - 23/02/2021, 11:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir belum lama ini melanda beberapa wilayah Jakarta. Hal ini disebabkan hujan deras yang terjadi semalaman sehingga saluran yang tersendat membuat beberapa tanggul jebol sehingga banjir.

Bagi yang tinggal di daerah rawan banjir, ada cara unik untuk menyimpan motor. Cara tersebut diunggah ke Instagram lewat akun Hujat Baper. Pada foto tersebut, terlihat sebuah motor yang diikat ke pohon sehingga roda depan terangkat.

Hal ini dikatakan untuk meminimalisir efek banjir ke motor. Mengingat ketika motor terendam, air bisa masuk lewat lubang knalpot atau air intake menuju ruang mesin, sehingga motor tidak bisa dinyalakan karena bisa rusak.

Baca juga: Belajar dari Tabrakan Maut Avanza dengan Bus, Ingat Cara Aman Menyalip

Motor terendam banjirKOMPAS.com/Gilang Motor terendam banjir

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur menanggapi gambar tersebut. Gofur mengatakan, cara tersebut bisa efektif, namun kembali lagi melihat seberapa tinggi air yang menggenangi motor ketika banjir.

“Tergantung banjirnya seberapa (tinggi). Kalau dinaikkan tapi tetap kelelep semua ya sama aja. Kalau cuma sampai ban ya aman,” ucap Gofur kepada Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Baca juga: Viral, Video Pengendara Motor Diseruduk Pikap Saat Terobos Lampu Merah

Dalam foto tersebut, terlihat kalau yang digunakan adalah motor berfairing. Namun hal ini juga bisa dilakukan pada motor matik. Gofur mengatakan, selama ketinggian air di bawah setengah roda, maka motor aman dari kemasukan air.

“Cuma yang paling aman ya memindahkan motor ke tempat yang pasti tidak terkena banjir,” kata Gofur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com