Kompas.com - 16/02/2021, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan Januari 2021, motor listrik Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) melakukan tes perdana di Sirkuit Sentul, Bogor.

Uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kinerja dan handling BL-SEV01 di trek lurus dan tikungan Sirkuit Sentul, sebagai tolak ukur awal pengembangan motor.

Tes dilakukan oleh Galih Aji Prakoso. Pebalap yang pernah turun di beberapa kejuaraan mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race.

Test ride BL-SEV01Foto: BUdi Luhur Test ride BL-SEV01

Spesifikasi BL-SEV01 mengusung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Baca juga: Jajal Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Responsif!

Di atas kertas dengan spesifikasi yang diusung, motor listrik BL-SEV01 bisa dipacu sampai kecepatan 160 kpj. Tapi hal itu masih berupa simulasi belum tes secara nyata.

Hasilnya pada uji coba pertama kali ini motor berhasil menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik dan mencatat top speed 100 kpj.

Test ride BL-SEV01Foto: Budi Luhur Test ride BL-SEV01

Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan, motor mengalami sedikit permasalahan ketika memasuki tikungan S kecil.

Setelah memeriksa kondisi, tim menemukan permasalah di bagian gear set. Komponen yang digunakan mengalami pengurangan performa setelah melewati beberapa lap di Sirkuit Sentul.

“Ternyata permasalahan di gear set depan pada rantai yang giginya kalah habis karena di tes maksimum di lintasan Sirkuit. Tetapi bersyukur motor listrik dan baterai tidak mengalami masalah dan dalam keadaan normal," katanya dalam rilis resmi, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Deretan Mobil-mobil di Bawah 1.500 cc yang Tidak Dapat Insentif PPnBM

Test ride BL-SEV01Foto: Budi Luhur Test ride BL-SEV01

"Pengetesan pertama ini kami akhiri dahulu nanti kita evaluasi dan lanjutkan pengetesan kedua di Sirkuit Sentul kembali,” tambah Jono.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, cukup senang dengan hasil uji coba motor listrik BL-SEV01.

"Pengetesan pertama ini cukup memuaskan dan kita akan melakukan pengujian motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal di lintasan balap," katanya.

"Oleh karena itu nanti akan ada pengetesan kedua di Sirkuit Sentul dengan sepeda motor yang sudah dikembangkan lebih baik lagi," kata Kasih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.