Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tes Motor Listrik BL-SEV01 di Sentul, Tembus 100 Kpj

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan Januari 2021, motor listrik Budi Luhur - Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01) melakukan tes perdana di Sirkuit Sentul, Bogor.

Uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kinerja dan handling BL-SEV01 di trek lurus dan tikungan Sirkuit Sentul, sebagai tolak ukur awal pengembangan motor.

Tes dilakukan oleh Galih Aji Prakoso. Pebalap yang pernah turun di beberapa kejuaraan mulai dari Indospeed Race Series, Indoclub Championship, Yamaha Sunday Race.

Spesifikasi BL-SEV01 mengusung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Di atas kertas dengan spesifikasi yang diusung, motor listrik BL-SEV01 bisa dipacu sampai kecepatan 160 kpj. Tapi hal itu masih berupa simulasi belum tes secara nyata.

Hasilnya pada uji coba pertama kali ini motor berhasil menyelesaikan 11 tikungan dan trek lurus sepanjang 900 meter dengan baik dan mencatat top speed 100 kpj.

Kepala Tim Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, mengatakan, motor mengalami sedikit permasalahan ketika memasuki tikungan S kecil.

Setelah memeriksa kondisi, tim menemukan permasalah di bagian gear set. Komponen yang digunakan mengalami pengurangan performa setelah melewati beberapa lap di Sirkuit Sentul.

“Ternyata permasalahan di gear set depan pada rantai yang giginya kalah habis karena di tes maksimum di lintasan Sirkuit. Tetapi bersyukur motor listrik dan baterai tidak mengalami masalah dan dalam keadaan normal," katanya dalam rilis resmi, Senin (15/2/2021).

"Pengetesan pertama ini kami akhiri dahulu nanti kita evaluasi dan lanjutkan pengetesan kedua di Sirkuit Sentul kembali,” tambah Jono.

Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, cukup senang dengan hasil uji coba motor listrik BL-SEV01.

"Pengetesan pertama ini cukup memuaskan dan kita akan melakukan pengujian motor listrik BL-SEV01 sampai maksimal di lintasan balap," katanya.

"Oleh karena itu nanti akan ada pengetesan kedua di Sirkuit Sentul dengan sepeda motor yang sudah dikembangkan lebih baik lagi," kata Kasih.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/16/072200815/tes-motor-listrik-bl-sev01-di-sentul-tembus-100-kpj

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke