Tak Dapat Insentif Pajak 0 Persen, Penjualan Suzuki Baleno dkk Berpotensi Merosot

Kompas.com - 16/02/2021, 06:38 WIB
Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia Suzuki Baleno facelift resmi meluncur di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila mengacu pada data yang dirilis pemerintah soal relaksasi Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) mobil baru, untuk segmen hatchback hanya dua model yang bisa menikmati, yaitu Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Kedua model tersebut telah memenuhi syarat, yakni memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 70 persen dan memiliki mesin di bawah 1.500cc, berpenggerak 4x2, 4x4, dan juga sedan.

Sementara Suzuki Baleno hatchback, Mazda2, dan Kia Rio tidak bisa menikmati relaksasi pajak nol persen. Sebab, ketiga produk itu berstatus impor utuh alias completely build-up (CBU).

Baca juga: Estimasi Harga Hatchback Setelah Dapat Insentif Pajak 0 Persen, Baleno Tetap Mahal

Keuntungan mendapatkan insentif pajak nol persen, yaitu harganya bisa menjadi lebih murah karena tujuan pemerintah untuk memulihkan ekonomi khususnya di sektor industri otomotif.

Mazda2 facelift Mazda2 facelift

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Skemanya, mulai Maret hingga Mei 2021 akan mendapatkan 100 persen, selanjutnya 50 persen pada Juni-Agustus, dan 25 persen pada September-November 2021.

Apabila skema itu berhasil maka otomatis penjualan mobil yang menikmati insentif pajak tersebut bisa semakin tinggi. Sebab konsumen bisa membeli dengan harga yang lebih murah, belum lagi ditambah diskon yang rutin ditawarkan oleh masing-masing diler.

Maka sebaliknya, model yang tidak bisa menikmati relaksasi PPnBM itu penjualannya otomatis berpotensi merosot karena konsumen beralih membeli mobil yang harganya relatif lebih terjangkau alias murah.

Suzuki Baleno Hatchback FaceliftKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki Baleno Hatchback Facelift

Menanggapi hal itu, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, meski begitu Suzuli tetap optimistis.

Menurut dia, insentif yang diberikan pemerintah bisa mendongkrak performa industri otomotif dan menjadi salah satu katalis pertumbuhan ekonomi.

 

Menyoal penjualan Baleno hatchback yang berpotensi terganggu, Donny tidak mau menanggapi terlalu jauh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X