Ada Relaksasi Pajak, Honda dan Suzuki Belum Bisa Info Potongan Harga

Kompas.com - 15/02/2021, 15:02 WIB
Ilustrasi penjualan mobil. ISTIMEWAIlustrasi penjualan mobil.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai 1 Maret 2021, pemerintah rencananya akan memberikan insentif PPnBM bagi mobil baru. Relaksasi pajak ini akan diberikan kepada produk yang sesuai dengan kriteria.

Di antara memiliki kapasitas mesin di bawah 1.500 cc, berpenggerak 4x4, termasuk sedan, dan memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) 70 persen.

Pada tahap pertama yang berlangsung Maret-Mei, insentif akan diberikan 100 persen dari tarif semestinya.

Baca juga: Diproduksi sejak 2019, Berapa Unit Mobil Esemka yang Terjual?

Suzuki Baleno di Booth Suzuki di GIIAS 2016Otomania/Setyo Adi Suzuki Baleno di Booth Suzuki di GIIAS 2016

Sementara pada tahap kedua (Juni-Agustus) insentifnya 50 persen, dan tahap ketiga (September-November) sebesar 25 persen.

Insentif PPnBM ini diprediksi akan mengurangi harga jual mobil secara signifikan. Bukan tak mungkin harga mobil baru bakal berkurang 30-40 persen jika kebijakan ini diterapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, sejumlah agen pemegang merek (APM) belum bisa mengungkap lebih detail terkait harga jual mobil barunya pada bulan depan.

Baca juga: Kemenkeu Setuju, Ini Alasan Mobil di Bawah 1.500 cc Dapat Diskon Pajak

Suzuki Carry Flat Deck Facelift 2021SUZUKI INDOMOBIL SALES Suzuki Carry Flat Deck Facelift 2021

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan, stimulus yang akan diberikan bulan depan tentu jadi harapan buat industri otomotif yang lebih baik pada tahun ini.

“Saat ini kami masih kalkulasi (harga jual), belum bisa info detail,” ujar Donny, kepada Kompas.com (15/2/2021).

“Kami sangat optimis insentif yang diberikan pemerintah akan mendorong performa dari industri otomotif saat ini. Kebijakan itu akan menjadi salah satu katalis bagi pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Baca juga: Dapat PPnBM 0 Persen dan Diskon, Harga Low MPV Bisa Semurah LCGC

Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interiorHPM Tes drive All New Honda Brio di Bali. Brio terbaru hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior

Seperti halnya Suzuki, Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prosepect Motor (HPM) Yusak Billy, mengatakan, relaksasi pajak akan menggairahkan industri otomotif.

Namun seberapa besar penjualan setelah adanya insentif PPnBM, Billy masih harus mengkaji lebih lanjut.

“Kami masih mempelajari secara detail mengenai rencana aturan ini. Karena masih menunggu turunan detail peraturannya dari kementerian terkait,” ucap Billy, kepada Kompas.com (15/2/2021).

“Selama belum ada turunan peraturan detailnya, kami belum bisa menentukan dengan pasti model apa yang masuk dalam relaksasi dan berapa besar penurunannya sekarang,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.