Hanya Toyota Vios yang Menikmati Relaksasi PPnBM 0 Persen

Kompas.com - 15/02/2021, 13:41 WIB
Ekspor Toyota Vios. TMMINEkspor Toyota Vios.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI telah menetapkan insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) bagi kendaraan tertentu dengan tujuan mendorong perekonomian nasional.

Relaksasi ini menggunakan skema ditanggung pemerintah (DTP) yang terbagi tiga skema tiap tiga bulannya. Pada tahap awal, diskon sebesar 100 persen mulai Maret 2021.

Lebih rinci, diskon PPnBM diberikan kepada mobil dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc, berpenggerak 4x2, termasuk sedan, dengan kandungan lokal mencapai 70 persen.

Baca juga: Ini Estimasi Harga SUV Murah Setelah Dapat Diskon dan Insentif Pajak 0 Persen

Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018Kompas.com/Setyo Adi Sedan Toyota Vios jadi salah satu pilihan di IIMS 2018

Dari kriteria yang disebutkan, salah satu yang menarik ialah mengenai sedan. Sebab, diketahui pasar kendaraan tersebut di dalam negeri cukup kecil sehingga membuat pabrikan enggan untuk memproduksinya.

Dikonfirmasi Kompas.com dari pabrikan terkait, hanya Toyota Vios yang masuk dalam kategori pembebasan PPnBM. Maka, mobil tersebut bakal lebih murah di pasaran secara sementara dibanding kompetitornya.

"TKDN Vios kini di atas 70 persen. Tapi terkait penurunan harganya, kita harus pelajari dulu lebih detail ," ujar Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmy Suwandy saat dihubungi, Senin (15/2/2021).

Baca juga: Insentif Pajak Bikin Harga Mobil Bekas Tahun Muda Terdepresiasi

Ilustrasi deain fascia Honda City terbaru yang meluncur di Malaysia.paultan.org Ilustrasi deain fascia Honda City terbaru yang meluncur di Malaysia.

Menurut catatan pabrikan, sebanyak 63 pemasok lapis pertama terlibat dalam kegiatan produksi serta ekspor kendaraan ini. Adapun pasar ekspornya ada 13 negara di kawasan ASEAN dan Timur Tengah.

Sementara Honda City, Honda Civic, serta seluruh sedan merek BMW dan Mercedes-Benz masih berstatus completely knocked down (CKD) atau dirakit di dalam negeri dengan kandungan di bawah 70 persen.

Maka, diberlakukannya PPnBM nol persen pada model Vios kira-kira harganya bakal mencapai Rp 240 juta sampai Rp 266 jutaan. Ini didapat melalui perhitungan harga jual kendaraan dengan PPnBM.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X