Puncak Kepadatan Lalin Jelang Libur Imlek Diprediksi Besok Sore

Kompas.com - 10/02/2021, 12:43 WIB
Antrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 pada Minggu (3/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB. KOMPAS.COM/FARIDAAntrean kendaraan di Gerbang Tol Cikampek Utama 2 pada Minggu (3/1/2021) sekitar pukul 11.00 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri memprediksi arus kepadatan kendaraan bermotor pada periode libur akhir pekan dan Tahun Baru China terjadi pada Kamis, 11 Februari 2021 besok.

Hal ini diperoleh berdasarkan antrean tiket kendaraan umum seperti bus dan kereta api, serta durasi libur yang tak terlalu panjang. Adapun tujuan perjalanan didominasi ke Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Kemungkinan besar, akan terjadi kepadatan yang menuju arah Timur atau sekitar Solo dan Yogya," kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istonono saat dihubungi Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Saat Libur Imlek, Korlantas Gelar Swab Antigen Acak di Rest Area Tol

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021). Arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek I dan II terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (1/1/2021). Arus balik libur Natal dan Tahun Baru di Tol Jakarta-Cikampek I dan II terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

Pernyataan senada dipaparkan Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di kesempatan terpisah. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu, 14 Februari 2020 sore.

Kendati demikian, pihaknya telah mempersiapkan berbagai langkah pengamanan agar perjalanan tetap nyaman.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Propeller Shaft pada Transmisi Mobil

"Mayoritas itu arah Jawa Tengah dengan tujuan kampung halaman dan wisata. Kami sudah siapkan beberapa pos pengamanan di tol dan tempat wisata dengan total personel 300 orang," kata dia.

"Iya, termasuk random check bagi pengguna kendaraan umum atau pribadi. Jadi, kami imbau agar selalu patuhi protokol kesehatan serta hindari waktu kepadatan kendaraan," kata Sambodo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X