Tidak Ada Ganjil Genap di Jalur Puncak, tapi Wajib Bawa Hasil Rapid

Kompas.com - 07/02/2021, 16:21 WIB
Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOLalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memutuskan untuk tidak menerapkan pembatasan kendaraan bermotor melalui sistem ganjil genap pada akhir pekan di wilayahnya.

Maka, warga yang ingin memasuki wilayah terkait seperti Jalur Puncak harus menunjukkan hasil non-reaktif atau negative rapid test antigen Covid-19.

"Tidak (menerapkan ganjil genap). Kami lebih memilih untuk pengetatan protokol kesehatan yaitu dengan rapid test antigen," kata Kapolres Bogor AKBP Harun, Sabtu (6/2/2021).

Baca juga: Penerapan Ganjil Genap di Kota Bogor Banyak Toleransinya

Ganjil Genap Akhir Pekan di BogorKOMPAS.com - Aditya Maulana Ganjil Genap Akhir Pekan di Bogor

"Sebab, yang menggunakan pelat nomor ganjil ataupun genap itu belum tentu mereka tidak terkonfirmasi positif," lanjut dia.

Menurut dia, tak sedikit warga yang mengira Pemerintah Kabupaten Bogor menerapkan ganjil genap seperti Pemerintah Kota Bogor. Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan kemarin yang bernomor polisi genap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Banyak yang menggunakan pelat nomor genap seperti tanggal. Mungkin mereka beranggapan dengan berpelat nomor genap sudah aman, tapi justru di Kabupaten Bogor wajib menyertakan surat rapid antigen," ucap Harun.

Baca juga: Ada Perbaikan, Malam Ini Berlaku Contraflow di Tol Jagorawi

Ganjil genap Kota BogorKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Ganjil genap Kota Bogor

Kewajiban untuk menunjukkan surat antigen ketika memasuki wilayah Kabupaten Bogor, lanjut dia, merupakan standar berpergian selama Pemberlakuan Pembatasan Kegaitan Masyarakat (PPKM).

"Kalau tidak menunjukkan surat antigen kami putar balikkan. Tadi sudah hampir 70 persen kami putar balik yang tidak membawa surat antigen," jelasnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X